Disdukcapil Trenggalek Hanya Layani Permohonan Online

KBRN, Trenggalek : Aturan Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku mulai 25 Januari hingga 8 Februari 2021. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Trenggalek hanya melayani permohonan online.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Trenggalek Suprapti mengatakan, pelayanan online dilakukan karena perpanjangan PPKM,  juga karena beberapa anggota keluarga pegawai Disdukcapil terpapar Covid-19.

“Layanan permohonan online bisa diakses warga melalui laman siminaksopal.trenggalekkab.go.id. Layanan ini tergolong baru sebab belum diluncurkan secara resmi.Meski demikian, warga Trenggalek yang ingin mengurus beberapa dokumen di masa perpanjangan PPKM sudah bisa memanfaatkannya,” ungkapnya, Selasa (26/1/2021).

Lanjutnya, dengan pelaksanaan WFH, permohonan dokumen kependudukan secara online dianggap lebih efektif berdasarkan penelusuran di laman siminaksopal.trenggalekkab.go.id, ada beberapa layanan online yang bisa dimanfaatkan oleh warga Trenggalek.Yakni, pengurusan akta kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), perpindahan keluar, dan kedatangan.

Sebelum mengurus data, pemohon harus mendaftar terlebih dulu dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).Setelah mengurus dokumen, pemohon akan menerima pesan singkat apabila dokumen tersebut telah selesai. Meski demikian, Disdukcapil juga masih membuka kantor untuk layanan lain yang tak bisa dilakukan via online, tandasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00