Anatisipasi Varian Omicorn, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Fokuskan Tracing

KBRN . Kediri : Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri saat ini terus melakukan tracing (pelacakan) untuk mencegah makin maraknya penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

Dalam hal ini, Plt Kepala Dinkes Kabupaten Kediri dr Achmad Khotib mengatakan, bahwa kegiatan tracing ini sudah dilakukan sejak satu bulan terakhir.Hal ini juga bertujuan untuk mendeteksi warga yang terpapar.

Pelacakan ini dilakukan dengan melihat riwayat perjalanan pasien, sebelum kemudian pihak Dinas Kesehatan akan memperluas jangkauan kontak agar tracing bisa berjalan efektif. Pihaknya juga mencermati riwayat pasien yang sudah terpapar Omicron di tingkat nasional. Jika ada pasien yang kontak atau memiliki ubungan keluarga dengan warga Kabupaten Kediri juga akan langsung di lakukan tracing.

Selama beberapa bulan terakhir, sesuai hasil tracing yang dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan setidaknya sudah ditemukan sebanyak 2-3 kasus baru dalam seminggu.

Disamping itu, menurut dr Achmad Khotib, selain upaya tracing, pihaknya juga menggerakkan kembali Satgas yang ada di desa dan kecamatan untuk memperketat pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19, dan meminta masyarakat turun berperan aktif terutama dalam mengawasi warga sekitar yang selesai melakukan kegiatan perjalanan dari luar kota.

Untuk diketahui, saat ini Pemkab Kediri juga terus menggalakkan kegiatan vaksinasi, baik vaksin anak usia 6-11 tahun, 12-17 tahun, lansia, umum, untuk menciptakan herd immunity. (AK)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar