Jamin Ketersediaan Air Saat Kemarau, Bupati Kediri Bangun Embung Untuk Petani

KBRN . Kediri : Untuk mencegah kekurangan air disaat musim kemarau, saat ini  Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan segera membangun embung. Kebijakan ini juga berdasar pada program prioritas Bupati Kediri untuk pengembangan argropolitan di wilayah Pare, Kandangan, Puncu, Kepung, dimana daerah itu juga dikenal sebagai wilayah penghasil cabe di Kediri.

Embung tersebut diketahui akan di bangun lebih tepatnya di daerah Desa Kebonrojo, Kecamatan Kepung, danakan dimanfaatkan sebagai penampungan air selama musim penghujan kali ini.

Dalam hal ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispertabun Kabupaten Kediri Anang Widodo menjelaskan, bahwa konsep pembangunan embung itu untuk memanen air yang akan digunakan menambah kebutuhan air saat musim kemarau serta diharapkan mampu mengurangi cost biaya produksi, terutama kebutuhan air.

Selain mengurangi biaya produksi, disisi lain adanya embung itu petani juga masih bisa menambah musim tanam sekitar satu bulan. Sebagai gambaran, selama ini, pada bulan Juni air sudah tidak mencukupi untuk budidaya. Adanya embung itu, sampai bulan Juli air diharapkan masih tersedia.

Embung yang dibangun di dataran tinggi itu memiliki ukuran panjang 60 meter dan lebar 13 meter. Debit air yang bisa ditampung sekitar 2.500 meter kubik dengan potensi terdampak area lahan sekitar 25 hektar. Mayoritas komoditas petani di area tersebut tanaman jenis hortikultura, seperti cabe, tomat, dan sayur. (AK)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar