Lewat Foto dan Batik, ABK Pesan Kebaikan 3M

ABK membatik pesan kebaikan 3M (Dok. Ist)

KBRN, Surabaya : Sebanyak 22 karya anak-anak disabilitas ditampilkan dalam Pameran Foto dan shibori di Pojok Batik “Cerita di Balik Lensa” yang diselenggarakan Unicef dan Akatara Jurnalis Sahabat Anak (JSA) bersama Disabilitas Berkarya di Waroeng Joglo Merah Putih, Surabaya, Sabtu (4/12/2021). 

Pameran diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember 2021. Kelima fotografer yaitu Pina, Kiking, Mukidi, Omay dan Jacky menampilkan kebiasan di era kenormalan baru di mana kita sekarang wajib untuk memakasi masker, mencuci tangan hingga menjaga jarak. Kelima anak yang tinggal di Liponsos Kalijudan ini mengabadikan peristiwa di sekitar mereka. 

CFO Unicef Surabaya, Ermi Ndoen menuturkan, menjadi Penyandang Disabilitas tidak berarti membuat seseorang berhenti berkarya. ”Hari ini melalui cerita di balik lensa, Pina, Kiking, Mukid, Omay, Jacky, membuktikan hal itu. Kita semua bisa merasakan apa yang mereka rasakan di masa pandemi,” kata Ermi. 

Ia melanjutkan, melalui karya foto yang dihasilkan kelimam fotografer ini kita bisa melihat kekhawatiran dan ada juga optimisme yang terus dibangun selama masa pandemi COVID-19. ”Mari bersama kita selalu berikan ruang untuk anak-anak disabilitas mereka dengan mendengarkan mereka agar mereka bisa selalu berkarya,” tutur Ermi. 

Karya anak-anak disabilitas ini diharapkan bisa menjadi pemantik bagi masyarakat dalam menjalani era kebiasaan baru. ”Setiap anak memiliki karya luar biasa. Mereka menunjukkan bahwa dengan keterbatasannya mereka bisa menampilkan foto-foto luar biasa,” ucapnya. 

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar