FOKUS: #PPKM MIKRO

Akses Mudah, Dinas Sosial Siapkan 29 Armada Mobil Jenazah Untuk Warga Surabaya

KBRN, Surabaya: Selama pandemi covid 19 ini, pelayanan mobil jenazah meningkat drastis. Bahkan, untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kota Surabaya sampai "menyulap" mobil dinas menjadi mobil jenazah. Selain optimalisasi layanan mobil jenazah, upaya untuk menekan laju penyebaran virus covid juga terus dilakukan, seperti layanan kesehatan Puskesmas buka 24 jam, layanan isolasi terpadu, dll.

Menurut Kepala Dinas Sosial kota Surabaya, Suharto Wardoyo, prosedural yang dilakukan Pemkot Surabaya sudah dilakukan secara maksimal dan layak di apresiasi. Bahkan menurutnya, dalam seminggu terakhir, terhitung mulai akhir Juli 2021 data kasus covid, khususnya kematian di kota Surabaya sudah menunjukkan tren penurunan secara signifikan.

"Sudah tidak ada yang meninggal di rumah, alhamdulillah. Sudah tertangani. Ini karena Pemkot menyiapkan berbagai tempat untuk isoman, seperti asrama haji dan rumah sehat," ujarnya kepada RRI, Kamis (5/8/2021).

Khusus terkait layanan mobil jenazah, menurut Suharto Wardoyo, saat ini Dinas Sosial kota Surabaya memiliki 29 unit mobil jenazah. "Ada total 29 unit, cuma ada yang diperbantukan, 1 di rs Suwandi, 1 lapangan tembak. Dan 2 unit indoor Gelora Bung Tomo," terangnya.

Ia juga menjelaskan, untuk layanan mobil jenazah Dinsos Surabaya bisa digunakan oleh semua warga Surabaya secara gratis dan 24 jam. "Di rumah sakit juga ada, cuma kan mungkin ada biayanya. Kalau di kita (Dinsos Surabaya-red) gratis, tidak dipungut biaya sama sekali, termasuk pemulasaran." terang Anang, sapaan akrap Suharto Wardoyo.

Sedangkan pemakaman, imbuhnya, masih dikenakan biaya retribusi sesuai Perda no. 7 tahun 2012, dengan besaran variatif.

Cara mengakses layanan mobil jenazah Dinas Sosial sendiri terbilang cukup mudah, bisa melalui layanan chat Whatsapp dan response time, tegas Anang cukup cepat. Cukup hitungan menit. "Cukup 15 menit insyaAllah, gak sampe hitungan jam," ungkapnya.

Sedangkan, untuk layanan nomor yang bisa diakses, kata Anang, masyarakat Surabaya bisa menghubungi 3 nomor Whatsapp di ;

081252405632

081252405633

081252405634

Untuk format dan syaratnya sendiri cukup mudah, masyarakat hanya menyiapkan foto Kartu identitas diri (KTP, atau lainnya) warga Surabaya, nomor hp keluarga yang bisa dihubungi, dan surat keterangan kematian dari Puskesmas/Rumah sakit.

"Masyarakat tinggal hubungi nomor wa tersebut, lalu upload syarat-syaratnya. Mudah, insyaAllah akan kita respon secepatnya," pungkas Anang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00