Polres Ponorogo Tindak Tegas Para Sopir Kereta Kelinci Yang Masih Nekat Beroperasi

KBRN, Ponorogo : Sudah jelas dilarang masih saja membandel, hal ini membuat Satlantas Polres Ponorogo akhirnya menindak para sopir kereta kelinci yang masih nekat beroperasi di jalan umum.

Pengoperasian kereta kelinci itu seperti yang dijumpai petugas di beberapa ruas jalan di Ponorogo, Sabtu (19/6/2021) siang.

Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Indra Budi Wibowopun menjelaskan kepolisian sudah melakukan sosialisasi kepada ketua paguyuban kereta wisata atau kereta kelinci dan mereka sudah membuat surat pernyataan untuk tidak akan mengoperaikan kereta kelinci. Namun kenyataan di lapangan pihaknya masih menemui kereta yang beroperasi dan malah digunakan untuk mengangkut orang di jalan raya.

“Ini sangat berbahaya bagi keselamatan” ucap AKP Indra.

Ia menambahkan pengunaan kereta kelinci  untuk angkutan manusia di jalan raya jauh dari standar keselamatan. Kurangnya keamanan dapat menyebabkan penumpang dan korban menjadi fatal saat terjadi laka lantas.

Indra menegaskan kereta kelinci tidak masuk dalam tipe kendaraan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Kereta kelinci tidak sesuai SNI antara lain karena tidak memiliki penutup di bagian samping, tidak adanya uji kelayaakan jalan. Kondisi tersebut membahayakan penumpang dan tidak ada jaminan keselamatan,” tegasnya.

Selain itu kereta kelinci tidak memenuhi uji tipe, tidak ada TNKB, tidak layak jalan, tidak dilengkapi STNK, trayek, tanda lulus uji maupun tata cara penggandengan.

“Kami akan tindak tegas kereta kelinci yang masih beroperasi di jalan. Jangan sampai ada warga Ponorogo jadi korban laka lantas kereta kelinci ini,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00