Dinkes Kabupaten Blitar Targetkan Public Safety Center (PSC) di Launching Agustus 2021

Persiapan public safety center (PSC) di Kabupaten Blitar sudah dilakukan sejak 2018. Ditargetkan pada Agustus 2021, PSC sudah bisa dilaunching. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Christine Indrawati. 

"Sebenarnya persiapan sudah sejak tahun 2018 yang lalu, sehingga kami targetkan paling tidak pada Agustus 2021 nanti bisa di launchin," jelas Christine Indrawati. 

Dijelaskannya, pada 2018 persiapan yang dilakukan adalah mulai sosialisasi lintas dinas terkait di kabupaten. Kemudian 2019 penguatan internal di puskesmas, dan membentuk tim PSC. Tahun 2020 pemasangan GPS pada semua ambulance di puskesmas, sehingga bisa melacak keberadaannya. Serta belanja radiomedik untuk komunikasi, hingga bisa menyambungkan dengan provinsi dan pusat. 

"Mulai tahun 2018 sudah kita lakukan sosialisasi lintas dinas, kemudian tahun 2019 kita lakukan penguatan internal puskesmas dan membentuk tim PSC. selanjutnya di tahun 2020 kita mulai lakukan pemasangan GPS pada semua ambulance di puskesmas," terangnya. 

Menuruy Christine Indrawati, untuk tahun ini  pihaknya menyiapkan sarana prasarana dan sumber daya manusia (SDM) PSC. Saat ini proses membuat semacam posko PSC disisi timur kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Dimana ada gudang yang direhab untuk dijadikan pos PSC 119 atau call centernya. 

"Sedangkan di tahun ini kami menyiapkan sarana dan prasarana nya serta SDM nya. Selain itu kita juga tengah menyiapkan posko PSC yang lokasinya di timur Kantor Dinkes Kabupaten Blitar," ucapnya. 

Christine menambahkan, jika posko sudah jadi, direncanakan segera merekrut tenaga khusus untuk PSC. Karena nanti harus 24 jam melayanai kegawatan yang infonya dari masyarakat. Sehingga dapat membantu penanganan awal, sambil menunggu pertolongan dari fasilitas kesehatan terdekat.

"Kalau semuanya sudah rampung, kami akan melakukan rekrut tenaga khusus PSC," imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00