BPBD Kabupaten Malang Harap Verifikasi Rumah Rusak Akibat Gempa Tuntas Pekan Ini

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan. (Foto: Istimewa).

KBRN, Malang : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang berharap proses verifikasi rumah rusak akibat gempa bumi bisa tuntas 100 persen dalam pekan ini, sehingga bantuan dari Pemerintah Pusat bisa segera dicairkan. 

" Jadi begini, sekarang kan verifikasinya sedang dalam proses, dilakukan Cipta Karya (DPKPCK). Semoga tuntas Minggu ini, " kata Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan kepada RRI, Senin (14/6/2021).

Menurutnya, data rumah rusak akibat gempa April lalu itu menjadi syarat wajib dalam penyaluran bantuan dari Pemerintah Pusat. Sebab itu, penting verifikasi dilakukan agar tepat sasaran. 

"Nantinya harus by name dan by address., makanya harus diverifikasi, karena nanti penyalurannya by rekening. Kami berharap bisa selesai minggu ini," terangnya. 

Bambang menjelaskan tidak ada kendala serius dalam proses verifikasi. Hanya saja, membutuhkan waktu untuk segera menyelesaikan, mengingat banyaknya korban terdampak gempa tersebut. Apalagi tersebar di 32 kecamatan. 

"Kalau kendala sih enggak. Hanya saja wilayahnya kan luas. Kalau mungkin verifikasi satu RT bisa mudah. Tapi ini kan tersebar di 32 Kecamatan," pungkas Bambang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00