Terminal Purboyo Madiun Fasilitasi Pemeriksaan GeNose C19

KBRN, Madiun: Terminal Tipe A Purboyo Madiun mulai memberlakukan pemeriksaan menggunakan GeNose C19 kepada calon penumpang. Fasilitas tes cepat covid-19 itu mulai diberlakukan sejak Senin (12/4/2021).

Seorang calon penumpang bus asal Kelurahan Banjarejo, Kota Madiun Sri Wiludjeng mengaku hendak ke Jombang. Saat tiba di pintu masuk terminal, ia diarahkan oleh petugas untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19. Ia pun mengapresiasi adanya tes cepat itu untuk mendeteksi dini virus corona kepada calon penumpang. Apalagi, pemeriksaan GeNose C19 diberikan secara gratis.

“Ya tadi diperiksa oleh petugas disuruh tiup kantong, alhamdulillah hasilnya negatif. Saya percaya kalau sehat karena nggak ada keluhan apa-apa. Tanggapannya dengan pemeriksaan ini ya bagus, supaya kita lebih hati-hati kemana saja kita pergi,” katanya ditemui di Terminal Purboyo Madiun, Kamis (15/4/2021).

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Purboyo Madiun, Suyatno menyatakan, tidak semua penumpang mendapat fasilitas layanan GeNose C19. Sesuai petunjuk Kementerian Perhubungan, sementara ini pemeriksaan dilakukan dengan sistem random sampling atau sistem acak kepada ca lon penumpang yang hendak berangkat dari terminal.

“Karena kitnya terbatas, jadi jumlahnya penumpang yang mengikuti tes GeNose C19 per hari kami batasi 1 untuk 10 orang. Itu memang sesuai petunjuk dari pusat. Mungkin mendekati hari-hari yang padat penumpang, layanan pemeriksaan kita tingkatkan. Jadi kita menunggu kitnya sama petunjuk lebih lanjut tapi yang jelas pemeriksaan ini kita lakukan setiap hari,” ucapnya.

Suyatno menjelaskan, sejak diberlakukan pemeriksaan GeNose C19 di terminal sampai saat ini tidak ditemukan calon penumpang yang positif covid-19. Kalaupun nanti ada yang positif, petugas menyarankan untuk tidak melanjutkan atau menunda perjalanan serta diminta melakukan isolasi sesuai ketentuan yang berlaku. Selain di Terminal Purboyo Madiun, sejumlah terminal tipe A lain yang juga memfasilitasi layanan pemeriksaan GeNose C19, diantaranya Terminal Kertonegoro Ngawi dan Terminal Seloaji Ponorogo.

“Untuk kedepan tarifnya berapa belum ada petunjuk lebih lanjut. Yang jelas sampai sekarang di terminal tipe A masih gratis,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00