Redam Gejolak Harga, TPID Kota Batu Agendakan Sidak Pasar

KBRN, Batu : Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) dalam waktu dekat. Tujuannya, untuk pengecekan pasokan komoditas secara langsung ke sejumlah pasar.

Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso ditemui di Kota Batu menjelaskan bahwa Tim ini terdiri dari sejumlah OPD di lingkungan Pemkot Batu, BI Malang, Kanit Ekonomi Polres Batu dan Kamar dagang industri (Kadin). 

"Perlu dilakukan sidak dan pemantauan harga untuk memastikan kecukupan pasokan komoditas secara langsung ke sejumlah pasar, pedagang, gudang, distributor, agen dan asosiasi yang ada di Kota Batu, " kata Punjul, Rabu (14/4/202).

" Upaya ini guna  menyusun upaya meredam gejolak harga kebutuhan pokok atau komoditas utama yang berpotensi penyumbang inflasi terutama di awal bulan Ramadan," lanjutnya. 

Menurutnya, pergerakan harga barang kebutuhan pokok pada Ramadan tahun lalu mengalami kenaikan harga menjelang Ramadan tiba.

ia mengatakan tingginya permintaan masyarakat ditengarai menjadi pemicu melambungnya harga, resiko kenaikan harga selama bulan Ramadan di tengah pandemi Covid-19 masih  berasal dari komoditas bahan makanan. Namun dengan kisaran yang wajar dan rendah. 

Sebab itu, perlu strategi pengendalian inflasi dari berbagai sisi penawaran-penawaran yaitu antaranya menjamin ketersediaan stock (serta pengawasan agar jangan ada penimbunan barang).

Lanjutnya, dari sisi permintaan diantaranya menghindari kepanikan konsumen dan terakhir dari sisi pemerintah diantaranya memantau supply dan demand.

Punjul menambahkan berbagai upaya dilakukan dengan memperkuat empat pilar strategi yang mencakup keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif (4K) di masa pandemi COVID-19.

Selain itu dengan menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi terutama dalam mengantisipasi kenaikan permintaan menjelang Ramadan dan Idul Fitri pada April dan Mei 2021.

“Implementasi strategi difokuskan untuk menjaga kesinambungan pasokan sepanjang waktu dan kelancaran distribusi antardaerah antara lain melalui pemanfaatan teknologi informasi dan penguatan kerjasama antardaerah,” tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00