Ini Skenario Peluang Jerman Lolos Ke 16 Besar Piala Dunia 2022

KBRN, Surabaya : Tim nasional Argentina berhasil lolos dari babak fase grup menuju babak 16 besar Piala Dunia 2022 dan peluang timnas Jerman untuk lolos dari babak fase grup Piala Dunia 2022 masih terbuka. 

Hal tersebut disampaikan Muhammad Zein Al Hadad, pelatih sepakbola nasional asal Surabaya. Menurut Muhammad Zein Alhadad, peluang tim unggulan Jerman masih ada, dengan catatan pada laga sisa dapat dimenangkan dan masih menunggu hasil pertandingan lain.

"Seperti yang saya katakan, Argentina sudah pastikan lolos ke babak 16 besar, dan peluang tim unggulan seperti Jerman sendiri masih belum tertutup dan peluang lolos itu masih ada, dengan catatan kalau kekalahan kemarin dijadikan evaluasi dan segera diperbaiki karena masih ada pertandingan dan pertandingan terakhir bisa dimenangkan Jerman namun masih menunggu hasil pertandingan lainnya," ujar Mamak, panggilan akrab Muhammad Zein Al Hadad, Kamis (1/12/2022).

Jerman masih berpeluang lolos dari fase grup ke babak 16 besar dan harus menang atas Kosta Rika. Namun itupun masih menunggu laga Spanyol yang akan menghadapi Jepang. Jika bermain seri apalagi kalah dari Kosta Rika, maka peluang Jerman tertutup.

Apabila dalam pertandingan nanti, Spanyol menang atas Jepang, dan Jerman menang atas Kosta Rika, maka pada klasemen akhir, Spanyol akan lolos sebagai juara grup dengan tujuh poin diikuti Jerman menduduki posisi runner-up grup dengan perolehan empat poin.

Jika Spanyol dan Jepang seri sementara Jerman menang, maka Jerman harus memiliki defisit gol lebih banyak dari Jepang.

Namun sebaliknya, jika Jepang menang atas Spanyol dan Jerman menang atas Kosta Rika, maka Jepang yang memuncaki grup dengan raihan enam poin. Spanyol masih di posisi runner up dengan koleksi empat poin dan poinnya sama dengan Jerman. 

Jika ingin lolos dari fase grup, Jerman harus bisa pesta gol ke gawang Kosta Rika dikarenakan selisih gol Spanyol cukup besar dengan +7 gol. (OA)