Kapolda Jatim : Sopir Bus Kecelakaan Maut Tol Sumo Berpotensi Tersangka

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Avinta

KBRN, Surabaya : Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menyebut bahwa sopir bus yang mengalami kecelakaan di Tol Mojokerto hingga menyebabkan 14 orang tewas, berpotensi menjadi tersangka.

Dia juga menjelaskan Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Dirlantas Polda Jatim sudah melakukan olah TKP untuk menyelidiki penyebab kecelakaan bus menabrak tiang variable message sign (VMS) di Tol Surabaya-Mojokerto arah Surabaya tersebut.

"Kami pastikan yang bersangkutan (sopir bus) mengakui, sementara mengantuk. Tapi kami akan dalami, berpotensi menjadi tersangka karena kelalaiannya hingga mengakibat orang lain meninggal dunia," terang Nico di Mapolda Jatim, Senin (16/5/2022).

Mantan Kapolda Kalimantan Selatan menegaskan bahwa Polda Jatim akan melakukan pengawasan terhadap seluruh sopir supaya mematuhi aturan lalu lintas. Apabila sopir capai atau lelah sekiranya dapat berkomunikasi dengan manajer bus.

"Apabila capek atau lelah itu dapat berkomunikasi dengan manager, supaya sopir atau driver yang tidak siap jangan membawa bus bisa disiapkan driver yang lainnya," tambahnya.

Bus itu disopiri oleh sopir cadangan. Bus melaju dari Dieng, Wonosobo, Surabaya menuju Benowo, Surabaya. Rombongan warga yang dibawa bus itu diketahui berwisata di Dieng, berangkat sejak Sabtu (14/5/2022).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 06.15 Wib. Kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah bus Ardiansyah dengan nopol S 7322 UW. Pengemudi bus diketahui bernama Ade Firmansyah. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar