Wagub Emil Sampaikan Jawaban Eksekutif Terhadap Raperda APBD Jatim 2022

Wagub Emil Jatim saat paripurna DPRD Jatim (Dok. Humas Jatim)

KBRN, Surabaya : Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyampaikan Jawaban Eksekutif Atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi Terhadap Raperda Tentang APBD Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2022 di Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Selasa (30/11/2021) malam. 

Dalam kesempatan tersebut, Wagub yang akrab disapa Emil itu menyampaikan bahwa kebijakan pemerintah daerah maupun pusat akan berkesinambungan baik dari pendapatan maupun belanja. Di mana, hal tersebut sesuai dengan program "Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Daerah di Era Perdagangan Berbasis Agro" sebagai derivasi Nawa Bhakti Satya. 

"Rancangan APBD Tahun Anggaran 2022 secara garis besar memperhatikan kesinambungan antara kebijakan pemerintah daerah dengan kebijakan pemerintah pusat baik dari sisi pendapatan maupun belanja," ujarnya. 

"Dari sisi pendapatan, diperlukan reformasi pendapatan yang mendukung pemulihan dunia usaha dan optimalisasi melalui inovasi kebijakan serta mitigasi dampak untuk percepatan pemulihan ekonomi dan restrukturisasi transformasi ekonomi. Dari sisi belanja, belanja daerah harus mendukung target capaian prioritas pembangunan nasional 2022 sesuai kewenangan masing-masing," lanjutnya.

Mantan Bupati Trenggalek itu menyampaikan, pendapatan daerah pada APBD TA 2022 dianggarkan sebesar Rp. 27,4 miliar. Dengan rincian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp. 17,6 triliun, Pendapatan Transfer sebesar Rp. 10,3 triliun dan Lain-lain Pendapatan Daerah yang sah sebesar Rp. 16,8 miliar. 

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 3

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar