Peran Media Sebagai Alat Komunikasi Dalam Masa Pandemi dan Pilkada

Ilustrasi.

KBRN,Sidoarjo : Peran Media massa dalam kontestasi Pilkada serantak 2020, seharusnya menjadi sarana pencerahan dan transformasi nilai-nilai kebenaran agar masyarakat dapat melihat secara apa adanya. Media diharapkan tidak memunculkan kesan yang terlalu menilai atau keberpihakan dalam masa kampanye Pilkada. 

Dalam acara media ghatering Forum Media Sidoarjo dan KPU Sidoarjo, Tjuk Swasono mengingatkan peran pers dalam upaya mensosialisasikan Pilkada yang aman di tengah wabah corona.

Anggota Media Watch Jatim itu mengatakan, saat ini jagad global dibingungkan dengan penetrasi para pelaku media sosial yang jauh lebih masiv dalam penyebaran informasi yang secara kebenarannya sangat diragukan.

Meski faktanya lebih banyak hoaks yang diproduksi oleh penyedia informasi di media sosial tersebut namun tingkat kepercayaan masyarakat justru jauh lebih tinggi. “Inilah yang sebenarnya menjadi musuh bersama para pelaku media massa mainstream saat ini,” ujarnya. Jumat (23/10/20).

Karena itu para insan pers diminta untuk tetap menyajikan berita-berita yang akurat dan terpercaya termasuk soal pandemi covid dan pilkada sekalipun keberadaannya saat ini sudah tersaingi oleh para buzzer yang menggawangi media sosial.

“Ini fakta, sekarang ini masyarakat Eropa dan Amerika sudah mengalami titik jenuh terhadap informasi dari media sosial dan mereka sudah kembali meletakkan kepercayaannya pada media mainstream sebagai penyaji informasi yang benar,” pungkas dosen jurnalistik di sebuah universitas di Surabaya itu. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00