FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Dinas Kominfo Kota Kediri Yakinkan Vaksin Covid-19 Aman Dan Halal

Suasana Vaksinasi Covid-19 untuk media massa di Balai Kota Kediri, taati Prokes. (Foto: Ayu Citra)

KBRN, Kediri: Seiring kian merebaknya berita bohong atau hoax soal penyaluran vaksin Covid-19, terutama yang diduga dialami sejumlah kalangan jurnalis, hal ini menjadi fokus tersendiri bagi Dinas Kominfo Kota Kediri. Salah satunya, untuk memastikan bahwa vaksin ini aman dan halal bagi seluruh masyarakat.

"Dari distribusi Vaksinasi Tahap 1 untuk Forkopimda dan tokoh agama di Kota Kediri baik pemberian dosis satu, dosis dua, sampai sekarang belum ada keluhan dari penerima vaksin Covid-19. Insya Allah, vaksin ini aman dan halal," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri, Apip Permana, di Kota Kediri, Rabu (3/3/2021).

Sementara itu, akibat meluasnya kasus berita bohong tentang vaksin Covid-19, berbagai lapisan masyarakat memang sempat merasa takut menerima vaksin. Apalagi, dari informasi yang dihadirkan berita hoax ini disebutkan dampak dari vaksin Covid bisa menimbulkan mual, pusing, hingga wajah bengkak.

"Jadi untuk berita hoax tentang vaksin, kami juga melihat hal tersebut beredar banyak. Namun, kami himbau agar masyarakat tidak mudah percaya. Lebih baik, menyerap informasi dari sumber yang jelas dan media massa yang kompeten, serta perlu untuk bertanya ke tenaga kesehatan yang kredibel," katanya.

Ke depan, Apip berharap, dengan masih adanya Berita Hoax soal vaksin, maka hal ini tidak akan mengurangi minat masyarakat, termasuk kalangan pers maupun ASN untuk mendapatkan vaksin.

"Hal terpenting, mulai sekarang miliki pola hidup sehat, makan yang bergizi, rajin olahraga, serta minum asupan vitamin juga. Lalu, jauh hari sebelum divaksin, idealnya hindari tidur larut malam, atau banyak pikiran yang akhirnya bisa berpotensi menaikkan tensi darah, sehingga memicu gagal divaksin," katanya.

Untuk diketahui, pemberian Vaksin Covid-19 tahap kedua, sedang berlangsung di Kota Kediri. Mulai dari kalangan ASN, media massa, TNI/Polri. Untuk rekan jurnalis, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kesehatan Kota Kediri telah menyalurkan Vaksin Covid-19 untuk 62 wartawan dari sejumlah media cetak, online, radio, dan televisi, yang digelar di Ruang Kilisuci, Balai Kota Kediri.

Ellyn, salah satu jurnalis media online dan penerima Vaksinasi Covid-19 di Balai Kota Kediri, mengatakan, memberi apresiasi kepada Pemerintah Kota Kediri yang telah memfasilitasi penyaluran vaksin Covid-19 kepada media massa.

"Saat divaksin, saya tidak merasakan apa pun. Waktu itu diajak ngobrol sama petugas kesehatan, ternyata dikasih tahu petugas lain, vaksinnya sudah disuntikkan. Bahkan, setelah divaksin, saya tetap merasa sehat dan tidak ada keluhan," katanya.

Di tempat terpisah, tampak sejumlah anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri pada Rabu (3/3/2021) juga melakukan Vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kota Kediri. Upaya ini dilaksanakan untuk menekan sebaran kasus positif Virus Corona. (ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00