FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Puluhan Wartawan Kota Kediri Ikuti Vaksinasi Covid-19

Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri, Apip Permana Ikuti Vaksinasi Covid-19, bersamaan dengan kalangan jurnalis Kota Kediri. (Foto: Ayu Citra)

KBRN, Kediri: Puluhan wartawan di Kota Kediri menjalani Vaksinasi Covid-19, di Ruang Kilisuci, Balai Kota Kediri, Selasa (2/3/2021). Pemberian vaksin bagi awak media massa dan ASN Pemkot Kediri tersebut, dilakukan oleh petugas Vaksinator dari Petugas Puskesmas Balowerti Kota Kediri dan Puskesmas Kota Wilayah Utara. Untuk menerima vaksin ini, setiap jurnalis disyaratkan membawa KTP,  mengisi identitas lengkap, mematuhi tahapan alur, serta wajib menegakkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 secara ketat.

Saat mengikuti agenda Vaksinasi di Balai Kota Kediri, Budi Sutrisno, salah satu wartawan, dari Media Dhoho TV Kediri, mengatakan, sempat merasa grogi saat akan melewati tahap Vaksinasi.

"Tadi ketika melalui tahapan cek kesehatan, tensi darah saya sempat tinggi, sehingga oleh petugas kesehatan diminta untuk menunggu beberapa menit. Alhamdulillah setelah istirahat dan minum air mineral yang cukup ini, tensi darah saya bisa normal dan akhirnya bisa ikut vaksin Covid-19," kata Budi Sutrisno, di Balai Kota Kediri, Selasa (2/3/2021).

Kemudian, ungkap Budi, setelah divaksin dan menjalani masa observasi 30 menit, pihaknya juga tidak mengalami keluhan apa pun. Namun ia memperkirakan, ketika pagi tadi tiba di lokasi pemberian vaksin, dan melihat suasana di tempat tersebut menjadi sedikit khawatir.

"Tapi setelah dijalani, alhamdulillah semua baik-baik saja," katanya. 

Senada dengan Budi, wartawan Harian Bangsa Kediri, Muji Harjita menambahkan, tidak memiliki persiapan apa pun jelang pemberian vaksin. Apalagi, ia menjamin fisiknya dalam kondisi sehat, karena selama ini telah menjalankan kebiasaan hidup sehat dengan rajin olahraga sepeda ontel dan mengonsumsi multivitamin.

"Tidak ada persiapan yang berlebihan pada vaksinasi ini. Tadi pagi saya sarapan seperti biasa, dan memang dari dulu tidak punya kebiasaan merokok. Jadi insya Allah, kesehatan saya sekarang dalam kondisi prima, dan saya juga tidak takut jarum suntik. Namun setelah divaksin, saya tidak pusing,tidak mual, ya ada rasa sedikit 'kemeng' di sekitar lengan kiri yang disuntik, tapi hanya sebentar dan hilang sendiri," katanya.

Sementara itu, hadir sebagai penerima vaksin pertama yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kediri  Apip Permana.

"Rasanya tidak sakit, seperti digigit semut tapi tidak terlalu sakit. Level sakitnya ini, lebih sakit jika kita disuntik pakai jarum suntik yang biasa. Insya Allah aman dan stok Vaksin untuk rekan media mencukupi," katanya.

Apip menyampaikan, bahwa pelaksanaan Vaksin Covid untuk rekan media dilakukan serentak dengan pekerja publik lain. Seperti dengan ASN, TNI/ Polri, dan tenaga kesehatan lain yang belum divaksin pada tahap pertama.

"Di tempat ini, seluruh wartawan, totalnya sekitar 62 orang akan melewati empat tahapan mulai dari verifikasi data penerima vaksin, pemeriksaan kesehatan, pengukuran tensi darah, lalu masuk di bilik penyuntikan vaksin. Setelah itu, juga ada observasi kesehatan selama 30 menit pasca disuntik vaksin," katanya.

Turut hadir di tempat serupa, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar yang meninjau langsung dan memberikan semangat bagi rekan media serta ASN Pemkot Kediri yang menjalani Vaksinasi Covid bagi kalangan pekerja publik.

"Saya lihat tadi semuanya lancar Vaksinasinya, dan untuk itu kami mendorong Dinas Kesehatan agar penyaluran Vaksin Covid-19 lebih massive lagi, bagi pekerja publik dengan mobilitas tinggi. Sebab risiko mereka ini sangat tinggi terhadap kasus penyebaran Covid-19, dan Vaksinasi ini wujud antisipasi tersendiri," katanya.

Ke depan, Pemkot Kediri juga bakal memperluas jangkauan pemberian vaksin, termasuk bagi masyarakat umum. Namun hal itu, menunggu kedatangan Vaksin selanjutnya. 

"Kalau secara keseluruhan, dari jumlah permintaan 16.000 vaksin yang diajukan ke Kementerian Kesehatan, total yang sudah diterima Kota Kediri mencapai 9.000 vaksin Covid. Untuk sisanya, didatangkan bertahap, harap bersabar, nanti semua warga Kota Kediri pasti dijamin menerima vaksin. Sembari menunggu, mari kita tingkatkan Prokes Pencegahan Covid-19," katanya.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00