Mendekati Hari Raya Idul Adha, Harga Cabai Rawit di Kabupaten Kediri Menyentuh Harga Rp. 90.000 per Kilogram

KBRN . Kediri : Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha pada Bulan Juli 2022 mendatang, harga cabai rawit merah di pasar tradisional Pamenang Pare Kabupaten Kediri terpantau menyentuh angka 90 ribu rupiah per kilogram nya. Hal ini masih ditengarai terjadi akibat dari cuaca ekstrem di musim kemarau basah kali ini, serta minumnya stok dari para petani cabai. 

Solihah, salah satu pedagang di pasar tradisional Pamenang Pare dalam hal ini mengakui, meskipun harga cabai rawit saat ini masih tergolong tinggi, namun angka tersebut diketahui sudah mulai mengalami penurunan. Jika sebelumnya harga cabai rawit merah berada diangka 98 ribu rupiah per kilogram, kini komoditas bahan pangan tersebut turun diharga 90ribu rupiah per kilogram nya. Solihah menyebut bahwa penurunan ini juga terjadi pada cabai merah besar, yang sebelumnya berada diangka 70 hingga 72 ribu per kilogram, kini turun diangka 67 ribu rupiah per kilogramnya. 

Selain harga komoditas cabai yang masih relatif tinggi, komoditas lain seperti bawang merah saat ini juga tembus diangka 60ribu rupiah per kilogram, dari yang sebelumnya berada diangka 40 hingga 45 ribu rupiah per kilogram nya.

Disamping itu, diperkirakan bahwa tingginya harga beberapa komoditas bahan pangan ini masih akan terjadi hingga Hari Raya Idul Adha tiba. (AK) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar