Kecelakaan Maut Bus di Tol Mojokerto Dikemudikan Supir Cadangan

Kondisi Bus sebelum dievakuasi. (FOTO/ANDRI SANTOSO)

KBRN, Mojokerto: Supir Bus rombongan wisata asal Kota Surabaya yang mengalami kecelakaan maut di Tol Surabaya-Mojokerto (SUMO) KM 712.400A merupakan supir cadangan.

Kecelakaan tunggal yang menimpa Bus PO Ardiansyah nopol S 7322 UW yang terjadi sekitar pukul 06.15 WIB, Senin (16/5/2022) tersebut mengakibatkan dari 31 penumpang sebanyak 14 org meninggal dunia.

AKBP Rofiq Ripto Wimawan Kapolresta Mojokerto mengatakan, ada satu sopir utama dan satu sopir cadangan di bus itu. Menurutnya, sopir bus cadangan bernama Ade Firmansyah (29) terluka dan dirawat di RS Citra Medika atau Ciko, Sidoarjo.

"Bus berisikan 33 orang penumpang, yang 31 adalah penumpang dan yang dua adalah Driver dan kenek," terang Rofiq kepada Radio Republik Indonesia (RRI) di RSU dr Wahidin Sudirohusodo Kota Mojokerto.

Rofiq menambahkan, untuk supir bus cadangan yang  mengalami luka - luka. Para korban luka telah dilarikan ke 6 rumah sakit tersebar. Saat kecelakaan, Bus dikemudikan supir cadangan. Polisi juga sedang melakukan Olah TKP,  serta penyidikan terhadap Supir Bus.

"Itu sopir cadangan (pengemudi bus saat kecelakaan)," kata Rofiq.

Kecelakaan maut ini bermula, Bus  merupakan rombongan wisata yang kembali ke Surabaya setelah berwisata dari Yogyakarta. Bus melaju dari arah barat ke timur atau dari arah Jombang ke Surabaya.

Namun naas, tepat di Kilo meter 712.400A bus menabrak tiang reklame rambu himbauan yang ada disebalah sisi kiri jalan Tol. Akibatnya, Bus mengalami rusak parah dibagian depan dan tiang reklame berukuran besar roboh.

"Untuk penyebab pastinya kecelakaan, masih dalam proses penyelidikan kepolisan," tandasnya.

Para korban luka telah dilarikan ke 6 rumah sakit tersebar.  Dan pada sekitar pukul 15.45 WIB tadi seluruh jenazah yang ada di RSU dr Wahidin Sudirohusodo sudah di pulangkan ke rumah duka masing- masing.

Kecelakaan tunggal ini mengakibatkan 14 penumpang tewas. Semuanya dievakuasi ke RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto. Sedangkan 18 penumpang dan 1 sopir bus mengalami luka berat dan ringan. Mereka dirawat di beberapa rumah sakit berbeda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar