FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Waspada Bencana Hidrometeorologi, PDIP Dan Relawan Gelar Festival Empat Sumber

Waspada Bencana Hidrometeorologi, PDIP Dan Relawan Gelar Festival Empat Sumber. (Foto: istimewa)

KBRN, Kediri: Untuk mewaspadai munculnya bencana hidrometeorologi, DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kediri bersama relawan dari Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) Kediri menggelar penanaman 300 bibit pohon, di Sumber Toto, Desa Kerkep, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Minggu (16/1/2022), yang dikemas dalam Festival Empat Sumber.

Pada kesempatan ini, hadir Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri, Murdi Hantoro.

Ia menyatakan, pada saat ini DPC PDIP Kabupaten Kediri melakukan penanaman pohon dalam rangkaian Peringatan HUT PDIP ke -49. Upaya ini diwujudkan dengan menggandeng Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) Kediri.

"Tak hanya itu, langkah ini juga sekaligus menjalankan instruksi Ibu Megawati, agar kader partai tidak selalu memfokuskan pada sektor politik, tapi lebih memperhatikan lingkungan," kata Murdi.

Penanaman pohon bertajuk Festival Empat Sumber tersebut, tambah Murdi, diawali dengan titik pertama di kawasan Sumber Air, bernama Sumber Toto. Lalu dilanjutkan di Sumber Tentrem, Sumber Karto, dan Sumber Raharjo. Selain penanaman pohon, sejumlah kader dan para relawan juga mengadakan kegiatan bersih sungai.

"Ke depan, kami lakukan hal serupa di Sumber Sragi di Desa Doko," katanya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat untuk ikut mendukung gerakan moral peduli lingkungan tersebut. Hal itu mengingat di Kabupaten Kediri ada sebanyak 376 sumber mata air, yang patut dijaga kelestariannya, sehingga mendapat di sumber air itu dapat dirasakan hingga generasi mendatang. 

"Secara umum, kami sudah menyiapkan 3.000 bibit pohon untuk ditanam di wilayah Kabupaten Kediri. Namun, pada hari ini hanya 300 bibit yang disebar, masing-masing ada  bibit Pohon Nangka, Alpukat, bibit pohon Pule, dan tanaman konservasi lainnya," katanya.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar