Khofifah Malam Ini ke Lumajang Tinjau Warga Terdampak Semeru

KBRN. Surabaya : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar parawansa dijadwalkan malam ini Sabtu (4/12/2021) meninjau warga terdampak Erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sebelumnya dilaporkan gunung Semeru mengalami erupsi yang disertai awan panas guguran, sekitar pukul 15.00 WIB.

"Terjadi peningkatan aktivitas Gunung berapi Semeru disertai awan panas guguran," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur (Jatim), Budi Santosa melalui keterangan tertulis.

 Hujan abu juga terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Warga diminta untuk menyelamatkan diri.

Sementara itu BMKG Juanda Surabaya juga memberi informasi bahwa arah abu dan awan panas menuju barat daya atau lautan Hindia. 

Sejumlah relawan BPBD Jatim telah bergerak ke Lumajang untuk membantu BPBD LUMAJANG. Namun dikabarkan sedikit terhambat oleh jembatan yang putus seperti disampaikan anggota RAPI Jatim lewat WA Grup. 

Terkait korban jiwa belum terdeteksi, hanya sebuah foto yang belum terkonfirmasi menunjukan seorang pria tua duduk di ranjang dengan luka bakar hampir 60 persen ditubuhnya.

(Berbagai sumber)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar