Diterjang Angin Puting Beliung, Belasan Rumah Di Kabupaten Kediri Rusak

Diterjang Angin Puting Beliung, Belasan Rumah Di Kabupaten Kediri Rusak. (Foto: istimewa)

KBRN, Kediri: Akibat diterjang angin puting beliung, belasan rumah warga di dua desa, di Kabupaten Kediri mengalami kerusakan, Rabu (1/12/2021). Dua desa ini, masing-masing Desa Batuaji dan Desa Purwodadi, di Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri.

Menurut Gunarto, salah satu warga, kejadian angin puting beliung ini diawali dengan hujan deras. Kemudian, tiba-tiba muncul angin kencang dan berputar, sehingga memporak-porandakan pepohonan serta sejumlah atap rumah warga.

"Saat kejadian ini, angin kencang juga membuat banyak pohon roboh dan menimpa kandang ternak milik warga. Lalu, sejumlah masyarakat yang ketakutan hanya bisa menyelamatkan diri dengan berdiam di rumah," kata Gunarto, seorang warga, di Kabupaten Kediri, Rabu (1/12/2021).

Selain menghancurkan atap rumah, diketahui ada dua orang warga yang mengalami luka-luka, karena tertimpa reruntuhan atap bangunan.

Menanggapi kejadian ini, Kasie Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Kediri, Johans Maras Ponda mengatakan, pada Rabu petang (1/12) sejumlah petugas BPBD Kabupaten Kediri dibantu kalangan relawan tengah mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa atap rumah warga di Kecamatan Ringinrejo.

Johans merinci, dampak bencana angin puting beliung ini membuat bnayak rumah warga yang rusak. Khususnya terlihat pada bagian atap tempat tinggal mereka.

"Tak hanya itu, ada dua orang warga yang harus dibawa ke pelayanan kesehatan karena mengalami luka-luka, akibat tertimpa atap rumah," katanya.

Lebih lanjut, insiden angin puting beliung ini juga mengakibatkan pohon tumbang dan menerjang tiang listrik, sehingga sampai memutuskan jaringan kabel.

Atas kejadian ini, BPBD Kabupaten Kediri mengimbau masyarakat agar selalu waspada. Mereka juga menyarankan supaya warga selalu rutin memeriksa kondisi bangunan rumahnya, jika ada yang bahannya mudah rapuh, maka idealnya segera diperbaiki, serta seringkali melihat perkembangan pepohonan di sekitar rumah.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar