Peringati HMPI, Brimob Kediri Dan Relawan Gelar Penghijauan Di Lereng Wilis

Aksi Penghijauan di lereng Gunung Wilis. (Foto: istimewa)
Peringati HMPI, Brimob Kediri Dan Relawan Gelar Penghijauan Di Lereng Wilis. (Foto: istimewa)

KBRN, Kediri: Wujud sinergitas bersama sejumlah relawan, Brimob Kompi C Kediri menanam ribuan pohon di Lereng Gunung Wilis, dalam agenda bertajuk Bakti Wilis, Minggu (28/11/2021). Kegiatan penanaman itu terlaksana dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2021, dan digelar serentak di berbagai lokasi sekaligus. Salah satunya di Desa Petungroto, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Dalam agenda ini, hadir berbagai relawan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) Kediri dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Kediri. Mereka menanam sekitar 1.000 bibit pohon di hutan milik Perhutani KPH Kediri.

"Selain dalam rangka Hari Menanam Pohon Nasional, agenda tanam ini diadakan dalam rangkaian Peringatan HUT Brimob ke-76. Kami berterima kasih, pada kegiatan ini semua lapisan masyarakat terlibat, bukan hanya relawan, tapi ada anggota TNI, Pemkab Kediri, serta Tagana," kata Komandan Brimob Kompi 1 Batalyon C Pelopor Kediri, AKP Anacleto Soares SH, saat memberikan sambutannya, di Kediri, Minggu (28/11/2021).

Giat penanaman pohon ini, secara umum menjadi salah satu kegiatan anggota Brimob Kediri dengan para relawan dan masyarakat. Terlebih lagi ada berbagai kegiatan memang telah diadakan demi merealisasikan kebersamaan.

Di tempat sama, Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Kediri, dr. Ari Purnomo Adi mengemukakan, aksi penanaman pohon ini adalah bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Ke depan, sejumlah pohon yang telah ditanam tersebut akan dipantau seperti apa perkembangannya.

"Penanaman pohon di lereng Gunung Wilis ini, merupakan upaya kami dalam pencegahan dan pengurangan resiko ancaman bencana hidrometeorologi. Dan aksi penanaman pohon yang digelar hari Minggu, 28 November ini ada empat titik yang dilaksanakan bersamaan, sehingga tim kami ini disebar sesuai lokasi," kata pria yang juga menjabat Koordinator Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) Kediri.

Masing-masing tempat ini, seluruhnya berada di lereng Gunung Wilis, misal di kawasan hutan di wilayah barat Kabupaten Kediri, tepatnya di Desa Petungroto, Kecamatan Mojo. Kemudian di Hutan Kelir di Desa Joho, Kecamatan Semen, Hutan Krampyang, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, yang turut diikuti oleh Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto dan di Embung Guworejo, Desa Tarokan, Kecamatan Tarokan yang juga dihadiri Wakil Bupati Kediri, Dewi Mariya Ulfa.

"Meski peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) digelar pada suasana Pandemi Covid-19, kami memastikan event penghijauan ini  mematuhi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan 5M ketat. Kami ucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dan relawan, karena acara ini bisa lancar," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Petungroto, Kecamatan Mojo, Dariono menyampaikan, terima kasih atas kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh Brimob Kediri bersama relawan ini.

"Kegiatan ini sangat kami dukung, sebab hutan di lereng Gunung Wilis sudah gundul. Memang sebelumnya sudah ada penanaman pohon, tapi tidak sukses. Kami harap, ini berhasil dan tidak ada yang berani merusak dan sama-sama merawat," katanya.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar