Kedisiplinan Mal Di Kota Kediri, Patuhi Prokes

Perketat Prokes Covid-19, Mal Di Kota Kediri Dirikan Posko. (Foto: Ayu Citra)

KBRN, Kediri: Untuk memperketat pengawasan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19, menjelang Lebaran kini sejumlah pelaku usaha, terutama pengelola mal di Kota Kediri, mengatur Posko Covid di wilayah kerjanya.

Menurut Marketing Communications Kediri Town Square, Aan Tri Ayuni, langkah ini dilakukan, dengan adanya larangan mudik antara tanggal 6-17 Mei 2021, yang mana membuat area mal, seringkal menjadi rujukan wisata keluarga saat musim libur panjang.

"Di sejumlah daerah, sering menjadi destinasi wisata bagi keluarga. Apalagi sekarang tidak boleh mudik, nah tentu saja masyarakat yang tidak bisa ke luar kota, memilih mal sebagai tempat liburan atau pun refreshing," kata Marketing Communications Kediri Town Square, Aan Tri Ayuni , Sabtu (8/5/2021).

Aan menjelaskan, pendirian Posko Covid ini diletakkan di pintu masuk mal bagian Barat. Kemudian, di posko ini, akan ada Staf internal Mal, yang didampingi oleh petugas PPKM Mikro dari kelurahan setempat.

Dalam pendirian Posko Covid itu, pihak pengelola mal telah berkoordinasi, dengan Polres Kediri Kota dan Kodim 0809 Kediri, serta Satgas Covid setempat.

"Di Posko Pencegahan Covid ini, petugas akan mengawasi penegakan disiplin Prokes para pengunjung. Mereka tak segan menegur pengunjung yang tidak mematuhi Prokes Covid," katanya.

Walau demikian, dari sisi penyewa yang menjual beragam produk di mal tersebut, sejauh ini mereka dan pengunjung di mal ini, diatur sesuai himbauan pemerintah tentang Protokol Kesehatan. Misalnya, Jarak Fisik atau jaga jarak, rasio jumlah pengunjung 50 persen, dan pemakaian masker tiap pengunjung.

"Hal ini juga didukung oleh Manajemen tenant besar seperti Hypermart dan Matahari, yang juga menerapkan Prokes sendiri dengan melakukan penyaringan ulang kepada pengunjung. Contoh pengecekan suhu tubuh, jaga jarak, dan bila ada karyawan mal atau di tenant yang sakit, maka menunggu untuk istirahat di rumah, "katanya. (ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00