Siaga Bencana, BPBD Kabupaten Kediri Bentuk TSBD

Siaga Bencana, BPBD Kabupaten Kediri Bentuk TSBD. (Foto: Ayu Citra)

KBRN, Kediri: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri melakukan Pembentukan dan Penguatan Tim Siaga Bencana Desa (TSBD).

"Upaya ini dihadirkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi berbagai potensi bencana," kata Kasie Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Kediri, Mochamad Saifudin, di Kabupaten Kediri, Rabu (14/4/2021).

Saifudin mengatakan, pada awal April ini pihaknya melakukan pembentukan dan penguatan TSBD di beberapa desa sekaligus. Salah satunya, di Desa Kalirong, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri dan di beberapa daerah di Kediri Bagian Barat.

Saifudin menambahkan, bahwa upaya pembentukan TSBD ini juga seiring adanya perpanjangan musim penghujan di Indonesia. Jika pada cuaca normal musim penghujan selesai di Bulan April, tapi saat ini masyarakat harus waspada karena musim penghujan berlangsung lebih lama dan sesuai perkiraan BMKG dipastikan sampai Mei atau Juni mendatang.

"Dengan TSBD ini, masyarakat luas bisa tahu harus berbuat apa saat ada bencana. Ini wujud kesiapsiagaan bencana di tengah publik," katanya.

Pada kondisi ini, lanjutnya, ancaman potensi bencana yang bisa muncul di Kabupaten Kediri, di antaranya musibah banjir, tanah longsor, hingga angin kencang.

"Kami percaya, dengan edukasi tentang upaya penyelamatan diri, maka mereka bisa memakai bwnda di sekitarnya saat menghadapi bencana. Misal, tatkala melihat korban dengan leher yang tertimpa batang kayu, maka penanganan awal bisa memakai sandal jepit yanh dijadikan penyangga di leher korban," katanya.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00