Dampak Gempa di Jatim Sejumlah Bangunan dan Fasum Rusak

KBRN. Surabaya :  Dari laporan  BPBD Jawa Timur kepada  Gubernur Jawa Timur dan  Wakil Gubernur Jawa Timur serta Sekda Provinsi Jawa Timur, dilaporkan bahwa kejadian gempa bumi dengan lokasi di barat daya Kabupaten Malang pada hari ini, (10/4/ 2021) pukul 15.00 WIB menyebabkan sejumlah kerusakan.

Dampak sementara yang di timbulkan adalah di Kab. Malang- Kantor desa Majangtengah rusak ringan- Rumah rusak di Desa Majangtengah (dalam pendataan) kemudian bangunan  Puskesmas Kec. Bantur juga rusak.

Di Kabupaten  Lumajang korban jiwa 1 orang (MD) tertimpa bongkahan batu di jalur Lumajang - Malang, sedangkan Korban luka ringan 1 orang.

Berikutnya di Kab. Pasuruan- Masjid Baiturohman Kec. Tutur rusak. Sedangkan di Kab. Trenggalek - Kantor kecamatan Durenan rusak ringan- Kantor Desa Cakul, Kec. Dongko rusak ringan.

Di Kab. Gresik - Rumah rusak ringan 1 unit , kemudian dilaporkan di Kota Blitar- RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar juga terdampak. Selanjutnya di Kota Malang dilaporkan 1 buah rumah rusak sedang dan 2 unit lainnya rusak berat .  Kota Kediri- Gedung IIK Baktiwiyata rusak ringan.

Selain itu dirasakan benda-benda ringan yang digantung bergoyang , gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan  banyak  barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang.

Saat ini upaya BPBD Prov. Jatim menyebarluaskan melalui moda yang ada. BPBD Prov. Jatim juga berkoordinasi dengan 38 Kab/Kota untuk perkembangan terkait dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Selanjutnya BPBD Prov. Jatim berkoordinasi dengan BMKG terkait potensi tsunami maupun adanya gempa susulan. Kemudian TRC BPBD Kab. Lumajang menuju lokasi kejadian untuk evakuasi korban tertimpa bongkahan batu.

BPBD juga mengerahkan Agen Bencana dan TRC menyisir wilayah Kab/Kota untuk menggali dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00