Minimalkan Kontak Langsung, Kajari Kabupaten Kediri Resmikan Media Center

Kajari Kabupaten Kediri, Sri Kuncoro SH., MH, didampingi Kasie Intelijen, Roni, SH Meresmikan Media Center. (Foto: istimewa)

KBRN, Kediri: Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Kediri, Sri Kuncoro, SH.,MH meresmikan Media Center di kantor Kejari Kabupaten Kediri, Senin (14/6/2021). Pengenalan Media Center ini dilakukan di tengah Masa Pandemi Virus Corona, sebagai upaya meminimalkan kontak langsung antara orang dengan orang, sehingga Prokes Pencegahan Covid-19 tetap ditegakkan dengan baik.

"Alhamdulilah di tengah Pandemi Covid-19, seperti sekarang kami terus menjalin komunikasi yang baik antara teman-teman pewarta dari berbagai media di Kabupaten Kediri," kata Kepala Kejari Kabupaten Kediri, Sri Kuncoro, SH., MH, saat launching Media Center Kejari Kabupaten Kediri, Senin (14/6/2021).

Menurutnya, kondisi Pandemi Virus Corona yang belum mereda, telah berdampak pada banyak lapisan masyarakat. Namun, saat ini mereka tidak boleh lengah dan tetap terus menegakkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 dengan 5M.

"Nah dengan Media Center ini, kami hadirkan sebagai wujud kepedulian terhadap upaya pencegahan Covid-19 di mana Kejari Kabupaten Kediri meminimalkan penyebaran Virus Corona melalui kontak langsung. Dengan demikian, media center ini kami realisasi memakai konsep serba digital dan ini salah satu inovasi kami di tengah Pandemi Covid-19," katanya.

Sri Kuncoro meyakini, dengan membangun Media Center itu maka akan terjalin komunikasi yang baik antara rekan media baik online, radio, TV, hingga media cetak.

"Dengan Media Center ini, kami bersinergi dengan para jurnalis agar  bisa mewartakan seperti apa kinerja kejaksaan negeri selama ini. Harapan kami seperti itu, sehingga performa Kejari ke depan dapat lebih bekerja maksimal, dan kami minta juga agar masyarakat ikut dalam hal pengawasan. Silakan, teguran, saran, masukan, akan terima dengan baik demi peningkatan layanan publik," katanya.

Di tempat sama, Kasie Intelijen Kejari Kabupaten Kediri, Roni, SH menambahkan, keberadaan Media Center Kejari Kabupaten Kediri bukan hanya untuk mewadahi kebutuhan insan pers yang ingin mengetahui tahap terkini dari perkembangan suatu kasus. Ada manfaat berbeda antara peran Media Center dengan sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang lebih dulu ada di Kantor Kediri. Jika PTSP difungsikan menampung persoalan hukum masyarakat, sedangkan Media Center diwujudkan untuk mempublikasikan kinerja Kejari Kabupaten Kediri kepada publik.

"Media Center ini, juga membantu masyarakat jika ingin melakukan pelaporan atau pengaduan di bidang hukum. Masalah hukum yang dialami warga bisa dikonsultasikan di sini, dan nanti ada petugas kami yang mengarahkan, apakah permasalahan itu masuk kasus Pidana Umum, Khusus, atau Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun)," katanya.

Kemudian dari sisi teknologi, lanjut Roni, di Media Center ini dilengkapi sebuah layar televisi LED ukuran besar, yang terkoneksi dengan jaringan komputer dan internet. Fungsi layar ini, akan memudahkan masyarakat serta rekan jurnalis untuk memantau perkembangan kasus tertentu. Misal apakah kasus itu sudah P21 atau masih di tahap lain.

"Bagi yang ingin melakukan pelaporan pengaduan (Lapdu) masyarakat, maka idealnya dalam membuat Lapdu pelaporan mencantumkan, nama, nomor induk kependudukan (NIK), dan alamat lengkap, nomor surat dan tanggal surat, uraian materi pengaduan, nama pengadu, waktu peristiwa yang diadukan, dan perihal yang diadukan, serta mencantumkan nomor ponsel yang dapat dihubungi," katanya.

Roni menyarankan, dengan masih adanya Masa Pandemi Virus Corona maka mereka yang datang ke Media Center Kejari Kabupaten Kediri harus selalu disiplin Prokes Pencegahan Covid-19, seperti pakai handsanitizer, masker, jaga jarak (Physical Distancing).(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00