Aksi Penggalangan Dana Bencana Harus Berizin dan Dilaporkan

Foto; instagram @greennord.27

KBRN, Surabaya ; Pendukung setia Persebaya, bonekmania menggelar aksi penggalangan dana untuk korban bencana di beberapa titik jalan di Surabaya. Namun aksi kemanusiaan bonek peduli tersebut sempat mendapatkan penertiban dari satpol PP Surabaya.

Koordinator bonek greennord, Husain Ghozali menjelaskan apa yang dilakukan bonek semata adalah karena untuk segera dapat membantu korban bencana. Pihaknya juga mengatakan sudah berkoordinasi dengan Kapolres Surabaya dan diizinkan asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

" Bonek itu kerja untuk semua bukan pribadi. Kalau memang ada aturan penggalangan dana harus laporan, kita pahami. Tapi yang kita lakukan semata-mata agar gerak cepat. Kita juga sudah berkoordinasi sama Kapolres dan welcome tidak apa, asalkan protokol kesehatan tertib di jalanan, harus makai masker dan jaga jarak. Aksi ini murni misi kemanusiaan, tidak perlu diperdebatkan yang kita lakukan," kata Cak Cong, sapaannya saat dialog bersama RRI.

Di sisi lain, Kepala Satpol PP Kota Surabaya Eddy Christijanto menjelaskan untuk penggalangan dana diperbolehkan asalkan sudah mendapatkan izin dari Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Linmas. Selain itu, besarnya dana yang didapat dari  penggalangan dana tersebut juga harus dilaporkan.

" Untuk bencana harus ada izin dari BPB Linmas, setelah itu akan diatur dan dievalusi titik-titik dimana saja dan jam yang diperbolehkan. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan, tidak menganggu arus lalu lintas. Izin itu juga untuk mencegah agar bantuan tidak liar dan wajib dilaporkan kepad BPB Linmas berapa yang didapat dan disalurkan diamana. Sehingga masyarakat juga percaya jika dananya tidak dimanfaatkan hal-hal yang tidak benar," terang Eddy kepada RRI.

Aksi yang dilakukan sejak pagi hingga sore hari, sudah mengumpulkan setidaknya Rp. 50 juta rupiah. Dana tersebut akan disalurkan dalam bentuk berbagai kebutuhan seperti sembako dan sebagainya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00