Tren Basket 3x3, SMAN 5 Surabaya Gelar SMALA Cup 2022

Main basket

KBRN, Surabaya ; Geliat event olahraga mulai terasa setelah pandemi Covid-19 bisa terkendali. SIER Sport Arena yang memiliki sejumlah fasilitas olahraga yang sangat representatif, kini pun mulai kebanjiran gelaran olahraga.

Salah satunya lomba basket 3x3 yang diselenggarakan SMA Negeri 5 Surabaya. Lomba ini rencananya akan diselenggarakan mulai 2-5 Juli 2022 yang diikuti sebanyak 24 tim. Turnamen ini digelar di lapangan basket 3x3 milik PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Lomba basket 3x3 yang bertajuk SMALA Cup 2022 ini, memilih lapangan basket 3x3 di SIER karena dinilai sangat baik dan telah standar International Basketball Federation (FIBA) 3x3.

"Sebelum kami memutuskan untuk tempat lomba, kami terlebih dulu melakukan survei. Di Surabaya, lapangan basket 3x3 yang standar FIBA ada di SIER. Makanya kami pilih SIER. Selain itu juga fasilitas penunjangnya juga cukup lengkap," ujar Ketua Panitia SMALA Cup 2022, Muhammad Fauzan Noor, saat dikonfirmasi, Jumat (1/7/2022).

Fauzan menegaskan, lapangan basket 3x3 milik SIER ini sangat baik kualitasnya. Pelayanan yang diberikan pengelola juga sangat ramah, sehingga panitia merasa nyaman untuk mempersiapkan hal-hal teknis di lapangan.

"Nanti kami juga gelorakan aktivitas olahraga melalui media sosial kami agar anak-anak muda semakin gandrung olahraga, sudah lama pandemi ini membuat kita kurang aktivitas luar ruang. Utamanya olahraga basket three-ex-three yang lagi ngetren ini. Sewa lapangan di SIER 3x3 juga tidak mahal dan lebih terjangkau untuk usia kita," ungkapnya.

Menurut dia, olahraga basket 3x3 saat ini sedang digemari anak-anak muda. Karena pertimbangan itu, akhirnya panitia memutuskan untuk menggelar lomba ini. Pesertanya untuk umum dengan rentang usia 15-20 tahun.

"Peserta lomba ada yang dari tingkat SMP hingga mahasiswa. Karena ini sifatnya umum, tidak terikat dengan sekolah. Satu tim bisa lintas sekolah dengan jenjang pendidikan yang berbeda. Total ada 24 tim yang sudah mendaftar," katanya.

Tak hanya basket 3x3, kata Fauzan, SMA 5 Surabaya juga menggelar basket 5x5 untuk putra dan putri serta dance untuk SMP dan SMA di Surabaya. Kedua lomba tersebut diselenggarakan di GOR Pancasila.

Untuk waktunya, basket 5x5 diselenggarakan pada 16-17 Juli dan 23-24 Juli 2022. Sementara dance 23 Juli. "Untuk basket ada 16 tim putra dan 8 tim putri. Sedangkan dance ada 10 tim dan kami masih buka pendaftaran. Peserta kami utamakan yang dari Surabaya. Tapi jika ada peserta dari luar kota, kami juga buka," jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Bisnis Jasa Penunjang SIER, Muhammad Fiqih Alwi mengatakan, sejak pandemi mulai melandai dan terkendali, fasilitas olahraga milik SIER mulai ramai. Bahkan, Sabtu (2/7/2022) besok, selain ada turnamen SMALA Cup 2022, juga ada lomba bulutangkis dan futsal untuk internal karyawan Jamkrindo.

"Kami memiliki sejumlah fasilitas olahraga yakni; lapangan basket 3x3, sepakbola, bulutangkis, tenis dan futsal. Kami juga akan ada lapangan bola voli yang sedang kami kembangkan. Semua lapangan memiliki fasilitas penunjang yang baik seperti toilet ruang ganti dan musholla," katanya.

Alwi mengatakan, untuk lapangan basket 3x3 ini tergolong baru yang dimiliki SIER Sport Arena. Namun jumlah penyewanya cukup banyak dan sangat diminati anak-anak muda. Begitu juga lapangan lainnya seperti bulutangkis mulai Senin hingga Jumat, sejak sore hingga pukul 23.00 telah full dipesan.

"Lapangan olahraga kami memang sangat baik dan sesuai standar. Lapangan futsal memakai rumput sintetis, memiliki ruang ganti, bench pemain dan tribun penonton. Kami rencananya juga akan bangun tribun penonton untuk lapangan sepakbola," katanya.

Untuk persiapan lomba SMALA Cup 2022, Alwi mengatakan, persiapan sudah sangat matang. Tenda tempat ganti pemain dengan tenda panitia juga berbeda. "Untuk izinnya juga sudah kami urus. Mudah-mudahan besok turnamennya berjalan lancar," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono, mengaku sangat gembira fasilitas olahraga SIER Sport Arena mulai ramai setelah pandemi Covid-19 terkendali. Meski begitu, dia tetap mengingatkan kepada penyelenggara kegiatan, untuk tidak abai protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker.

“Kami akan terus berusaha meningkatkan fasiltias olahraga di SIER. Kami ingin ikut berpartisipasi menciptakan masyarakat yang sehat, dengan memberikan fasilitas olahraga yang memadahi, terjangkau harganya dan mudah aksesnya,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar