Asprov PSSI Jatim Ingin Fokus Kembangkan Futsal Putri

Foto; Media Liga Nusantara Futsal Jawa Timur

KBRN, Surabaya ;  Kembali dimulainya kompetisi futsal meski berlangsung di tengah pandemi covid-19, membawa asa  Asosisasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur untuk mengembangkan futsal putri. 

Sekretaris Asprov PSSI Jawa Timur Dyan Puspito Rini mengatakan futsal putri harus  dikembangkan sebab dapat diproyeksikan hingga level Asia Tenggara. Menurutnya, hal ini sejalan dengan rencana FIFA yang juga ingin memajukan futsal putri. Apalagi dibandingkan sepak bola dengan jumlah pemain yang lebih banyak, mengakomodir cabang olahraga futsal dinilai relatif lebih mudah. 

" FIFA pun trennya mulai mengembangkan futsal. Terutama futsal putri. Sebab pintunya terbuka lebar dan sangat memungkinkan untuk di level asia tenggara untuk bisa beraktvitas di sepak bola. Dari sisi Asprov, selain prestasi kami juga menekankan soal partisipasi. Mengenalkan perempuan perempuan langsung ke sepak bola sangat berat sekali. Sebab keterbatasan energi. Futsal lebih mudah. Mengumpulkan sebelas orang dan lima orang ini lebih mudah lima orang. Apa pun yang bisa kami kolaborasikan, itu akan kami perjuangkan," jelas Ririn sapaannya. 

Lebih lanjut dikatakan Ririn, dengan semakin mengenalkan cabang olahraga futsal maka diharapkan para remaja bakal tertarik dan mendalami cabang olahraga futsal sebagai cabang olahraga favorit. 

" Sebab ini adalah salah satu cara untuk mempopulerkan sepak bola dan futsal di Indonesia. Sebelumnya selalu dikatakan futsal dan sepak bola perempuan selalu menjadi anak tiri. Saya tidak mau hal itu terjadi lagi. Media juga harus blow up karena remaja zaman sekarang butuh role model. Mereka idola. Jangan lagi mengidolakan penyanyi korea, tapi atlet juga. Jadi pamor para atlet juga harus dinaikkan," lanjutnya

Guna makin mempermudah keinginan itu, Asprov PSSI Jawa Timur akan membuka komunikasi dengan pengurus AFP Jawa Timur, untuk secara bersama-sama mengejar prestasi di cabor futsal.

“Kalau selama ini komunikasi tertutup atau belum bebas, itu kita harus mulai buka. Semoga ke depan jauh lebih baik dan futsal Jatim bisa berprestasi,” tandasnya.''

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar