Dominasi Perolehan Medali, Kota Surabaya Juara Umum Kejurnas Finswimming

KBRN, Surabaya ; Kota Surabaya keluar sebagai juara dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) selam finswimming 2021. Kota Surabaya mengumpulkan 31 emas 16 perak dan 16 perunggu. Sementara peringkat kedua diraih Kabupaten Pasuruan dengan 16 emas 10 perak dan 6 perunggu dan Kota Bekasi di urutan ketiga dengan 14 emas 12 perak 11 perunggu.

Ketua Umum Pengprov POSSI Jawa Timur Mirza Muttaqin menjelaskan hasil ini sangat baik dan membawa dampak positif bagi pembinaan di Jawa Timur maupun secara nasional. Selain menjadi Kejurnas dengan peserta terbanyak, secara perolehan medali juga merata.

" Persaingan di Kejurnas ini menjadi luar biasa dengan dua hal  Pertama diikuti 841. Dari kejurnas finswimming ini terbesar, terbanyak peserta yang mengikuti," jelas Mirza.

" Kedua perolahan medali relatif cukup merata di kota kabupaten. Ada 27 kota kabupaten kota yang dapat medali. Artinya merata. Disisi nasional ini membaik. Tapi di sisi jatim harus waspada. Pembinaan provinsi lain meningkat maka pembinaan di Jtim juga harus menungkat. Tidak boleh terninabobokan dengan gelar juara umum di PON dan kejurnas," lanjutnya.

Sementara Ketua Harian KONI Jawa Timur M.Nabil yang hadir menutup Kejurnas juga mengharapkan Kejurnas ini diharapkan menjadi agenda rutin sebab berperan sebagai ajang regenerasi atlet.

" Ini tradisi yang harus sering, berkala. Ada proses pembibitan dan regenerasi sehingga tidak terjadi kekosongan generasi. Selam ini luar biasa antusiasme tinggi tidak hanya  ikut even tapi juga untuk mempersiapkan generasi dibawahnya," terang Nabil.

Menurut Nabil cabang olahraga selam memiliki tugas berat di kejuaraan maupun multieven selanjutnya. Sebab harus mempertahankan gelar juara umum yang sudah diraih dalam dua kali penyelenggaran PON dan mempertahankan pecah rekor yang sudah tertorehkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar