PSSI Jatim Gulirkan Piala Soeratin U-17

Dok. Asprov PSSI Jatim

KBRN, Surabaya ; Setelah setahun vakum akibat pandemi covid-19, tahun ini gelaran Piala Soeratin U-17 Jawa Timur dipastikan kembali diputar. Sesuai rencana kick off Piala Soeratin U-17 Jatim ini dimulai pada 17 Desember.

Ketua Komite Kompetisi Asprov PSSI Jatim Cholid Ghoromah pada acara Manager Meeting Piala Soeratin U-17 mengatakan meski sampai saat ini pandemi Covid-19 belum usai, PSSI Jatim merasa perlu tetap menggulirkan kompetisi tersebut supaya pembinaan di sepak bola terus berjalan.

“Saat vakum tahun lalu, pembinaan terpaksa berhenti. Pemain-pemain muda yang seharusnya sudah mulai bermunculan dan tersalurkan ke klub-klub profesional di tahun ini tidak bisa. Sekarang, mereka punya kesempatan melalui Piala Soeratin kali ini,” ujar Cholid. 

Hanya saja, Cholid berpesan agar semua pihak mengedepankan protokol kesehatan,  fairplay dan sportivitas. Sebab, kompetisi kelompok umur rawan kasus pencurian umur.

“Hal ini harus menjadi perhatian semua pihak. Orang tua dan klub harus jujur dan menjunjung tinggi nilai-nilai olahraga. Jangan hanya karena kepentingan pribadi atau kelompok, kemudian yang lain dirugikan,” tutur Cholid.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Dyan Puspito Rini. Ia berhadap ada dukungan semua stakeholder sepak bola Jatim untuk bersikap fairplay dan sportif serta mengedukasi ofisial dan pemainnya untuk kembali ke marwah sepak bola Indonesia.

“Bahwa sebuah prestasi itu penting dan utama. Tapi lebih penting lagi adalah proses menuju ke sana tetap harus dilakukan dengan cara-cara yang baik,” tutur mantan atlet layar Jatim itu.

Selain itu, ia juga memastikan gelaran ini akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat lantaran pandemi covid-19 belum berakhir.

“Karena ini masih pandemi, dan prediksi beberapa ahli kesehatan mengatakan akan ada gelombang ketiga, maka ini juga akan menjadi perhatian khusus nanti ketika kita melaksanakan kompetisinya,” tambahnya.

Pada Piala Soeratin U-17 PSSI Jatim 2021/2022 kali ini ada 44 tim yang dipastikan ambil bagian. Mereka dibagi dalam 8 grup yang tersebar di delapan titik. Di fase grup ini, hanya juara dan runner-up yang berhak melaju ke babak 16 besar.Hanya saja sampai saat ini baru tujuh klub yang mengajukan diri menjadi tuan rumah. Artinya, Asprov PSSI Jatim masih mencari satu klub lainnya yang bersedia menjadi tuan rumah. 

Adapun tujuh yang sudah mengajukan diri sebagai  tuan rumah Piala Soeratin U-17 Jawa Timur terdiri dari Bhayangkara FC (Grup A), Persekam Metro FC (Grup B), Gresik United (Grup C), Persekap Kota Pasuruan (Grup D), Persedikab Kediri (Grup E), Blitar Poetra (Grup G), Banyuwangi Putra (Grup H).

Berikut pembagian grup Piala Soeratin U-17 PSSI Jatim 2021/2022

Grup A : Bhayangkara FC, Perseba Bangkalan, Kanjuruhan FC, Akor FC Jombang, Persegres Putra, AFA Syailendra

Grup B : Perskap Metro FC, Persema Malang, Mitra Bola Utama, Mojokerto FC, Suryanaga Connection, Assyabaab Bangil.

Grup C : Gresik United, Persebaya Surabaya, Bojonegoro FC, PSBI Blitar, Singhasari FC.

Grup D : Persekap Kota Pasuruan, Arema FC, Persewangi Banyuwangi, Persida Sidoarjo, Maestro FC.

Grup E : Persedikab Kediri, Persiga Trenggalek, Persenga Nganjuk, Arema Indonesia, Arek Suroboyo, AC Majapahit.

Grup F : Persinga Ngawi, Persela Lamongan, Nganjuk Ladang, Swis FC, Asifa Malang, Persemag Magetan.

Grup G : Blitar Poetra, Persikoba Batu, Malang United, Naga Emas Asri, Bajul Ijo Surabaya.

Grup H : Banyuwangi Putra, Persid Jember, Persebo Muda Bojonegoro, Persikapro Probolinggo, Kresna FC.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar