Walikota Surabaya Eri Cahyadi Buka DBL 2021 Seri Jatim di Venue Bersejarah

KBRN, Surabaya ; Liga basket pelajar terbesar tanah air, Honda Developmental Basketball League (DBL) 2021 East Java Series resmi dimulai hari ini, Rabu  (27/10/2021). Dilangsungkan hingga 21 November mendatang di Gelora Pancasila.  Seluruh pertandingan dipastikan berjalan dengan protokol kesehatan ketat.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi yang membuka secara resmi, melakukan seremoni tip-off pada game pembuka yang mempertemukan SMA Cita Hati East Surabaya versus SMA Kolese Santo Yusuf Malang. Didampingi Azrul Ananda selaku CEO & Founder DBL Indonesia serta Suwito Mawarwati, Presiden Direktur PT MPM Distributor Honda.  

" Hari ini saya bangga betul karena Gelora Pancasila adalah tempat yg bersejarah bagi warga Surabaya. Banyak atlet-atlet nasional dan internasional dari Kota Surabaya, yang dilahirkan dilahirkan di gedung ini," kata Walikota Surabaya Eri Cahyadi dalam sambutannya.

Eri juga berharap akan ada talenta-talenta muda alumni Honda DBL yang akan menjadi atlet nasional di masa depan. Bahkan tembus dunia internasional.

"Ayo tunjukkan sportivitas. Karena sportivitas itulah yang membawa kita menuju langkah yang lebih hebat lagi. Saya yakin Honda DBL bisa memberikan contoh bagaimana sportivitas olahragawan. Sebab jika kita menjunjung sportivitas, maka keberhasilan juga akan diraih," lanjut Eri.

Berjalannya kembali liga basket pelajar terbesar di tanah air Seri Jawa Timur ini seakan menghapus kerinduan semua pihak. Setelah hampir 760 hari menanti. Dihitung sejak  final party  Honda DBL Seri Jatim edisi terakhir pada 27 September 2019 silam. Akibat pandemi Covid-19, liga yang ditunggu-tunggu para student-athlete ini terpaksa hiatus satu musim (2020). 

Honda DBL 2021-2022 akhirnya mendapat lampu hijau bisa digelar setelah mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Prosesnya melibatkan lima kementerian sekaligus, yakni Kemenpora, Kemenko Marves, Kemenkes, Kemenparkraf, dan Kemendagri.  Dan telah sukses bergulir di Jakarta sejak 7  hingga 23 Oktober lalu.

Sementara CEO & Founder DBL Indonesia Azrul Ananda berterimakasih kepada pemerintah pusat yang memberi izin terselenggaranya Honda DBL 2021-2022. Termasuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Pemerintah Kota Surabaya, yang memfasilitasi penggunaan Gelora Pancasila. Sebab venue ini merupakan tempat yang sangat bersejarah bagi warga Kota Pahlawan.

"Kami merasa sangat terhormat menggunakan tempat bersejarah ini. Dulu banyak sejarah olahraga Indonesia tercatat di gedung ini, sekarang kami bisa berada di sini," ucap Azrul.

Total sebanyak 1.056 student-athlete dari total 88 tim basket, terdiri dari 56 tim putra dan 32 tim putri,  ikut berpartisipasi pada Honda DBL 2021 Seri Jatim ini. Mewakili total 60 sekolah dari 11 kota/kabupaten se Jawa Timur. 

Seluruh yang terlibat dalam rangkaian kegiatan Honda DBL 2021 Seri Jatim ini, termasuk pelatih dan ofisial, tim dance, wasit dan perangkat pertandingan, serta panitia wajib memenuhi syarat protokol kesehatan, yaitu telah mendapat vaksin dua dosis,  dinyatakan negatif Covid-19 melalui tes PCR, menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, serta selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan menerapkan #JaJaCuTaPaMa (jaga jarak, cuci tangan, pakai masker) selama berada di area kegiatan.

Sedangkan Suwito Mawarwati, Presiden Direktur PT MPM Distributor Honda mengatakan  bahwa pada penyelenggaraan kali ini, belum bisa melibatkan penonton untuk menyaksikan dan mendukung secara langsung tim sekolahnya di venue pertandingan.  

”Karena masih dalam masa pandemi yang belum benar-benar berakhir. Untuk saat ini, sebaiknya mendukung dari rumah masing-masing. Karena DBL Indonesia telah menyiapkan tayangan livestream semua laga melalui aplikasi DBL Play,” sambungnya.

Selain basket, juga dipertandingkan kompetisi dance pelajar terbesar tanah air, UBS Gold Dance Competition. Diikuti total 736 peserta mewakili 73 tim dance dari sekolah se-Jawa Timur. 

” Butuh keberanian yang besar serta persiapan yang matang untuk menjalankan event sebesar ini pada masa pandemi. Kami sangat berterimakasih kepada pemerintah serta DBL Indonesia karena mendapat kesempatan ini dan berharap kepada seluruh peserta untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujar Catur Limas, Marketing Director PT Untung Bersama Sejahtera (UBS).

Setelah sukses terselenggara di DKI Jakarta pada 7-23 Oktober, dan Seri Jatim di Surabaya pada 27 Oktober hingga 21 November mendatang, Honda DBL 2021-2022 dijadwalkan berlanjut dengan Seri Jabar di Bandung  (6-18 November), Seri Bali di Denpasar (17-25 November), serta Seri DI Jogjakarta (23 November hingga 3 Desember).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00