Pemprov Jatim Pastikan Pencak Silat Sebagai Cabor Berprestasi

Wagub Jatim Emil Dardak (Dok. Humas Jatim)

KBRN, Pasuruan : Pemerintah akan terus mendukung dan memfasilitasi cabang olahraga di Indonesia untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. Termasuk pencak silat sebagai warisan budaya asli Indonesia yang telah banyak menyumbangkan capaian kebanggaan bagi negara. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Pusat Persatuan Setia Hati Terate (PSHT) yang bertemakan "Memperkokoh Persaudaraan dan Sinergitas Menuju 100 Tahun PSHT" di Hotel Surya, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Minggu (26/9/2021). 

Menurut Emil, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov. Jatim sudah menyediakan Pemusatan Pelatihan Atlet Pelajar Pencak Silat (PPLP) di Padepokan Pencak Silat Pandaan yang diproyeksikan untuk Olimpiade 2032. Tahun ini, Dispora juga mendirikan Sentra Pembinaan Olahraga Pelajar (SPOP) sebanyak 28 cabor. 

"Itu termasuk pencak silat yang dipusatkan di Malang untuk proyeksi Popnas 2023," ujar Wagub Emil. 

Mantan Bupati Trenggalek tersebut menambahkan, telah ada pelatihan bagi pelatih berbagai cabor yang diadakan Dispora Jatim setiap tahunnya. Pelatihan tersebut dapat dimanfaatkan PSHT untuk membentuk atlet pencak silat yang berprestasi. 

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 3

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00