Sekolah Tatap Muka di Kabupaten Malang Diundur Hingga Juli

KBRN, Malang : Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka di Kabupaten Malang ditunda hingga Juli 2021 mendatang. Kabid Sekolah Menengah Pertama (SMP) Koko Subagio mengatakan telah mendapat arahan dari Kementrian Pendidikan KBM di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro sekarang. 

"Mandat sudah kami dapatkan melalui instruksi Menteri yaitu KBM tatap muka dimulai Juli ini, bukan keinginan saya loh, instruksi itu, namun teknisnya akan bagaimana belum dijabarkan karena suratnya belum kami terima," kata Koko Subagio saat dihubungi RRI melalui telepon selulernya, Minggu (28/2/2021) siang. 

Kendati demikian, ia menjelaskan nantinya Dinas Pendidikan Kabupaten Malang akan menerapkan sistem pembelajaran per-shift dengan pembagian waktu sekolah pagi dan siang. Peraturan pembatasan kuota rombongan belajar juga akan diberlakukan. Tiap rombel berisi 50 persen per-shift.

"Untuk antisipasi karena masih pandemi, kita adakan shift pagi dan sore agar kondusif dan tidak menimbulkan kerumunan saat KBM, selain itu sekolah juga wajib menyediakan sarana dan prasarana protokol kesehatan," urainya.

Kata dia, di Kabupaten Malang hingga saat ini KBM masih menggunakan sistem daring, sebab PPKM Mikro masih berlangsung hingga 8 Maret mendatang, sehingga menunggu keputusan Bupati Malang. Ia menegaskan pihaknya akan mengikuti regulasi yang ada. 

"PPKM kan sampai 8 Maret, namun kami nunggu keputusan pak Bupati, kami ikuti aturan saja, " tegasnya. 

Koko juga memastikan jaringan internet telah mencapai ke 340 SMP se-Kabupaten Malang. Bahkan, bagi siswa dan atau wali murid yang tidak memiliki gadget mumpuni sebagai salah satu syarat KBM daring, maka guru akan mengunjungi rumah peserta didik.

“Kalau keinginan wali murid untuk sekolah tatap muka sebenarnya sudah sejak lama. Bahkan hampir semuanya menginginkan hal tersebut. Tapi sekali lagi kita terbentur dengan peraturan yang ada,” pungkas Koko.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00