Densus 88 Amankan Lima Warga Sidoarjo Terduga Teroris

Ilustrasi

KBRN,Sidoarjo : Lima orang warga Sidoarjo terduga teroris yang di tangkap oleh Densus 88 anti teror. Satu orang warga Kecamatan Buduran, empat orang warga Kecamatan Candi Sidoarjo. 

Lima terduga teroris itu diantaranya, Usman Bin Seff alias Fahim (56) warga Jalan Jagir Wagir 1, Desa Kwangsaan, Kecamatan Buduran Sidoarjo.Ditangkap pada hari Jum'at, 26 Oktober 2021 pukul 10.45 WIB di Jalan raya Juanda, Sidoarjo.

Taman Setyo (53) warga Perumahan Taman Candiloka, Blok K1 No.18 RT. 01 RW. 05 Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Ditangkap di Jalan Raya Candi, Sidoarjo pada Hari Jum'at, (26/2) sekira pukul 09.37 WIB

Basuki Rahmad (56) warga Perum Taman Puspa Sari, Blok L-28, Desa Klurak, Kecamatan Candi, Sidoarjo. Terduga ini kesehariannya sebagai penjual baju muslim. Ditangkap di depan Perum Taman Puspa Sari pada Hari Jum'at (26/2) sekira pukul 10.50 WIB

YASRIL (52) warga Perum Permata Candiloka blok T 11 Desa Balung Gabus Kecamatan Candi SidoarjoDitangkap di Pasar Wisata Juanda sekitar pukul 11.30 WIB

Riza Bagus Meliyan Sugistiyan (47) warga Perumahan Bumi Candi Asri Blok C1 No. 16 Rt 01/04 Kelurahan Ngampelsari Kecamatan. Candi , Sidoarjo. Ditangkap pada hari Jum'at, (26/2) sekitar pukul 11.50 WIB di Jalan Perumahan Bumi Candi Asri, Candi, Sidoarjo.

Dari kelima terduga teroris tersebut, setelah ditangkap rumah kediaman dilakukan penggledahan. Seperti di rumah Basuki Rahmad ditemukan senjata api beserta anak panah dan busur serta dokumen. 

Sementara itu di rumah Taman Setyo (53) warga Perum Permata Candiloka blok T 11 Desa Balung Gabus Kecamatan Candi Sidoarjo. Ini tidak ditemukan senjata api, namun hanya pipa dan spiral diduga sebagai bahan senpi, serta beberapa dokumen. 

"Penggledahan di rumah terduga Taman ini sekitar pukul 13.30, dalam penggledahan ditemukan sebuah laptop, belasan spiral yang dibungkus plastik. Dan satu pipa laras. Diduga digunkan untuk senjata rakitan," kata Rudi Hartono Ketua RW Perum Permata Candiloka blok T 11Kecamatan, Sabtu (27/2/2021). 

Sementara itu M Ali Muzakhir Ketua RW Perumahan Bumi Candi Asri Blok C1 No. 16 Rt 01/04 Kelurahan Ngampelsari Kecamatan. Candi mengatakan bahwa penangkapan terduga Riza Bagus Meliyan Sugistiyan (47) saat akan berangkat salat Jumat di jalan komplek perumahan. 

"Kemudian kami diminta oleh petugas Densus untuk menjadi saksi penggledahan rumah Riza. Selain itu penggledahan juga dilakukan ditempat Yayasannya," kata M Ali Muzakhir. 

"Dalam penggledahan tidak ditemukan barang-barang yang berhabaya Hanya dukumen-dukumen, namun saya tidak tahu persis itu dokumen apa. Selain itu ditemukan bendera HTI, serta satu pisau kecil dan satu parang di ada sarungnya," jelas M Ali. 

Sementara terduga YASRIL (52) warga Perum Permata Candiloka blok T 11 Desa Balung Gabus Kecamatan Candi Sidoarjo. Sudah lama tidak tinggal di perumahan tersebut. Sedangkan terduga, Usman Bin Seff alias Fahim (56) warga Jalan Jagir Wagir 1, Desa Kwangsaan, Kecamatan Buduran Sidoarjo.  Hal ini dibenarkan  Kapolsek Sedati, pihaknya monitor adanya penangkapan terduga teroris, namun bukan warga Sedati melainkan warga Desa Kwangsan Kecamatan Buduran. Sementara itu Kapolsek Buduran saat dihubungi telepon selulernya tidak diangkat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00