Aeshnina Siswi Gresik Yang Berani Tegur Dubes Sampai Presiden

Foto: Aeshnina Azzahra Aqilani

KBRN, Surabaya : Awal tahun 2020, media internasional menyoroti keberanian Aeshnina Azzahra Aqilani Siswi SMP asal Gresik yang berusia 13 tahun ini setelah berani mengampanyekan bahayanya sampah impor bagi lingkungan. Aeshnina Azzahra Aqilani menulis sebuah surat terbuka yang diserahkan kepada Kedutaan Australia untuk Indonesia.

Tidak itu saja, Aeshnina Azzahra Aqilani  juga melakukan protes ke Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof. Aeshnina Azzahra Aqilani  mengaku juga telah berkirim surat ke Presiden Amerika Serikat Donald Trump perihal sampah import.

"Kalau saya itu lebih berfokus tentang masalah sampah impor, saya sudah mengirim surat ke presiden Amerika kemudian kanselir Jerman sama Perdana Menteri Australia," ujar Aeshnina kepada RRI, Kamis (26/11/2020).

"Ya, semuanya sudah dijawab dan pemerintah Australia sama Jerman itu, mereka akan memperketat pengawasan di pelabuhan dan Australia itu sedang membuat peraturan agar tidak mengekspor atau menyelundupkan sampah plastik lagi ke Indonesia," sambungnya.

Bahkan saat di wawancarai media Asing ABC, Aeshnina Azzahra Aqilani  juga memaparkan dampak langsung dari keberadaan sampah plastik di desanya di Gresik.

Aeshnina menuturkan, sampah yang dia pungut mempunyai merek yang berasal dari Kanada, Australia, AS, Inggris, dan negara maju lain. (OA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00