Peringati HGN Pegelaran Macapat Sumenep Pecahkan Rekor Dunia

KBRN, Sumenep: Pagelaran macapat dalam memperingati Hari Guru Nasional (HGN) ke-75 tahun di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) sebagai rekor baru dunia. Rekor baru ini berdasarkan pegelaran macapat terlama dan jumlah kelompok yang dilibatkan.

Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Umum di Gedung Ki Hajar Dewantara lokasi pagelaran macamat.

Paulus Pangka mengatakan, sesuai catatan pagelaran macapat ini menjadi yang terlama di dunia dengan waktu 75 jam lebih tanpa jeda mulai tanggal 22 hingga 25 November 2020 dan melibatkan 13 kelompok.

"Ini merupakan rekor dunia baru. Tidak tanggung-tanggung dalam Hari Guru Nasional ke-75 maka mereka melaksanakan rekor dunia pagelaran macapat 75 jam non stop yang dilakukan 13 kelompok," kata Paulus Pangka, Rabu (25/11/2020).

Disebutkan, untuk memutuskan pagelaran macapat ini sebagai rekor baru dunia pihaknya melakukan berbagai penilaian dan survei.

"Kami memperikan apresiasi kepada Pemkab Sumenep dan Dinas Pendidikan yang telah bersama-sama menginspirasi kita semua untuk seni budaya macapat ini," paparnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Carto menyatakan, diraihnya rekor dunia pagelaran macapat menjadi kebanggaan tersendiri.

"Ada satu keinginan macapat ini bisa dilestarikan dan diajarkan. Dengan pagelaran ini minimal mereka dari murid tau bagaimana seni macapat ini," ucap Carto. 

Pihaknya menjelaskan, kesenian macamat dilibatkan dalam Hari Guru Nasional sebagai upaya melestarikan budaya. Selain itu untuk mendekatkan siswa kepada warisan leluhur dan diharapkan tercipta regenerasi.

"Macapat sekarang pemainnya kan sepuh-sepuh, kedepan ini ada saling mengisi antara yang tua dan muda sehingga ada generasi. Kedepannya lagi ini diisi oleh yang muda-muda," harap Carto. 

Pagelaran macamat yang dilaksanakan selama empat hari tersebut juga melibatkan unsur guru sebagai pengiring musik tradisional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00