Tingkatkan Capaian Imunisasi, Geliat Airlangga-UNICEF Gelar Refreshment Tim HCD

KBRN, Surabaya : Untuk meningkatkan cakupan imunisasi anak selama 1 bulan, Geliat Airlangga dan UNICEF Indonesia terus memompa semangat fasilitator agar maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan khususnya dalam pencapaian cakupan imunisasi di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Dr.Ratna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes, Program Director Geliat Airlangga dalam sambutannya pada kegiatan Refreshment Tim Human Center Design (HCD) menyebut kegiatan ini digelar tidak lain untuk membekali calon fasilitator dalam membantu daerah-daerah di Jawa Timur yang masih mengalami kendala dalam pencapaian cakupan imunisasi yang masih belum maksimal.

"Tujuannya untuk membekali para calon fasilitator HCD. Di mana mereka semuanya ini, sudah pernah mengikuti pelatihan HCD sebelumnya. Supaya nanti, kita semua siap membantu daerah-daerah yang mengalami kendala dalam pencapaian cakupan imunisasi yang masih belum maksimal. Itu kita bantu, untuk mengidentifikasi masalahnya. Kita bantu untuk mencari solusinya, dengan melibatkan banyak komponen masyarakat," jelas Dr.Ratna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes, Sabtu (13/8/2022).

"Jadi HCD ini merupakan sebuah metode, dimana dalam pelaksanaannya nanti, kita mengundang banyak komponen. Jadi nanti, ada dinas kesehatan, ada ormas, ada dinas-dinas yang lain, yang kita ajak untuk berdiskusi, untuk membahas masalah imunisasi. Dan metode diskusinya, bagaimana sampai keluar solusi itu, yang dipelajari dalam diskusi ini," lanjutnya.

Sementara itu, Gito Hartono, Perwakilan Dinas Kesehatan Dinkes Propinsi Jawa Timur saat membuka Refreshment Tim Human Center Design (HCD) mengingatkan pentingnya dibangunnya Human Center Design (HCD) dalam meningkatkan cakupan imunisasi anak nasional khususnya di propinsi Jawa Timur.

"Saya menekankan beberapa hal terkait HCD ini, lebih fokus pada sedikit pokok-pokok pemikiran di dalam HCD. HCD ini dibangun kala di Afrika. Sebenarnya dari Afrika awal tahun 2022. HCD ini melibatkan secara langsung orang-orang yang ada di dalam kegiatan. Waktu itu, ada masalah air, masalah kesehatan dan masalah pangan di Afrika, salah satu negaranya adalah Kongo. Dalam hal ini, misalnya HCD nya saat ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan imunisasi rutin dan juga cakupan imunisasi pada program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) supaya bagus dan merata, tinggi," terangnya.

Geliat Airlangga dan UNICEF Indonesia terus  berkomitmen untuk mendukung berbagai upaya kesehatan salah satunya cakupan imunisasi dasar di Provinsi Jawa Timur. Dukungan ini merupakan bagian dari program kemitraan Geliat Airlangga-UNICEF pada tahun 2022. (OA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar