Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Widyaiswara Kehormatan Tahun 2022

Gubernur Khofifah menerima penghargaan Widyaiswara Kehormatan tahun 2022 (Dok. Humas Jatim)

KBRN, Jakarta : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan sebagai Widyaiswara Kehormatan Tahun 2022 dari Lembaga Administrasi Negara RI (LAN). 

Penghargaan diserahkan oleh Plt. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Prof. Moh. Mahfud MD didampingi oleh Kepala LAN, Adi Suryanto, saat peringatan HUT LAN RI ke-65 di Kantor LAN, Jakarta Pusat, Selasa (9/8/2022). 

Penghargaan Widyaiswara Kehormatan ini diberikan kepada Gubernur Khofifah atas kontribusi dan dedikasinya yang tinggi terhadap pengembangan kompetensi ASN, khususnya pengembangan diklat di Provinsi Jatim. 

Gubernur Khofifah juga dianggap sebagai Kepala Daerah yang memberikan kesempatan, ruang dan kepercayaan bagi para ASN di lingkungannya untuk melakukan perubahan dan inovasi. 

Sementara itu, Plt. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Prof. Moh. Mahfud MD mengatakan bahwa salah satu landasan dibentuknya LAN pada 6 Agustus 1957 adalah untuk menyempurnakan aparatur pemerintahan beserta administrasinya. Sehingga tercapai kelancaran jalannya pemerintahan. 

Untuk itu LAN diharapkan dapat menjadi pilihan utama dan menjadi pusat pengembangan kompetensi ASN. LAN juga diharapkan dapat memperbarui pola transformasi learning ASN yang didukung dengan pendidik mumpuni dan program kompetensi ASN yang lebih kompleks dan sesuai dengan perubahan zaman. 

“LAN harus bisa menjadi lembaga kompetensi yang menginisiasi perubahan pada ASN yang memacu harus ada percepatan upskilling dan reskilling pada ASN. Tantangan termasuk kemajuan digital membutuhkan kebaharuan berpikir. Tidak bisa lagi berpikir feodal,” katanya. 

“Tujuan utama pendidikan adalah membentuk karakter bukan hanya sebatas membentuk orang cerdas otaknya tapi tidak cerdas nuraninya. Karena orang berilmu juga harus beradab dan membangun peradaban baru di tengah tengan masyarakat,” imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar