Ukhuwah Islamiyah, Majelis Taklim Arafah Kirim Kurban ke Somalia Afrika

Majelis Taklim Arafah bersama yayasan Yatim Mandiri salurkan hewan kurban ke Somalia Afrika.

KBRN, Sidoarjo : Majelis Taklim Arafah Sidoarjo menyalurkan hewan kurban ke Somalia, Afrika. Bantuan kurban ini dijembatani oleh yayasan Yatim Mandiri sebagai pihak penyalur. 

Sebanyak 7 Sapi dan 6 Domba senilai 94 juta lebih, diserahkan secara simbolis oleh Majelis Taklim Arafah kepada Yayasan Yatim Mandiri di rumah Majelis, Perumahan Pondok Jati, Sidoarjo, Rabu (6/7).

Penyaluran hewan kurban bertajuk "Muslim itu bersaudara di manapun berada" ini bukan pertama kali dilakukan oleh MT Arafah. Tahun lalu MT Arafah juga menyalurkan hewan kurban di daerah konflik, Gaza, Palestina.

Ketua Majelis Taklim Arafah, Elva Tazar mengatakan penyaluran hewan qurban ke Somalia, Afrika ini sebagai bukti bahwa persaudaraan antar muslim tak terbatas antar negara.

"Muslim itu bagaikan satu tubuh, jika satu tubuh sakit yang lain juga ikut merasakan," kata Elva Tazar bernada sedih.

Ia juga menuturkan, Somalia, Afrika sebagai negara tujuan penyaluran kurban dikarenakan jutaan warga di sana alami kelaparan dan banyak anak-anak yang menderita busung lapar. 

"Menurut data ada jutaan warga Afrika alami kelaparan dan busung lapar. Semoga penyaluran kurban ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita di sana," harap Ketua Majelis.

Dalam penyaluran hewan kurban secara simbolis ini Ketua Majelis Taklim Arafah, Elva Tazar juga menunjukkan pembukuan oleh bendahara majelis terkait keuangan dan anggaran yang masuk baik dari anggota majelis maupun donatur luar.

"3 dari 7 sapi yang akan disalurkan merupakan bantuan dari luar anggota majelis. Penyampaian pembukaan seperti ini kita sampaikan untuk mempertegas bahwa MT Arafah tidak pernah memotong ataupun mengambil keuntungan apapun dari anggaran yang masuk dari umat," tegasnya.

Sementara itu, Perwakilan dari pengurus Yatim Mandiri, Andriyas Eko mengatakan tahun ini pihaknya kembali diberikan amanah penyaluran hewan qurban untuk dikirim ke Afrika oleh Majelis Taklim Arafah.

"Alhamdulillah tahun ini kita kembali diberikan amanah lagi untuk menyalurkan hewan kurban dari MT Arafah untuk saudara kita di Afrika. Sebelumnya tahun lalu kita juga menyalurkan kurban dari MT Arafah ke Gaza, Palestina," ungkap Eko.

Dikatakan Eko, pengiriman hewan kurban akan dilakukan pada tanggal 8 Juli yang dikirim langsung oleh relawan Yatim Mandiri Indonesia.

"Tahun ini yang menyalurkan adalah tim dari Indonesia langsung. Insyaallah tanggal 8 akan dikirim dan dalam penyaluran nya kita juga lakukan live report sebagai bukti bahwa amanah yang dititipkan benar-benar tersalurkan," tukasnya.

Berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan banyak digalakkan oleh Majelis Taklim Arafah Sidoarjo.  Sebagai info, setiap Minggu di Hari Jumat, sebanyak 80 ibu-ibu kurang mampu di Sidoarjo mendapatkan bantuan sembako dari Majelis Taklim Arafah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar