Blusukan Pasar, BHS : Omega-3 Tinggi Ada Pada Ikan Bandeng, Bukan Salmon

Bambang Haryo tengah memborong ikan bandeng di Pasar Pucang Surabaya

KBRN, Surabaya : Bambang Haryo Seokartono (BHS) anggota DPR RI periode 2014-2019 mengajak berbagai kalangan masyarakat untuk selalu mengonsumsi ikan sebagai sumber protein.

Berdasarkan data, konsumsi ikan di Jatim masih terbilang rendah. Yakni sekitar 41,44 kg per kapita setahun menurut data dari Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Timur. Hal tersebut justru membuat kebutuhan masyarakat akan Omega-3 dan protein yang terdapat dalam ikan kurang terpenuhi. 

Menurut Bambang kandungan Omega-3 ikan Bandeng ternyata enam kali lebih tinggi dibandingkan ikan Salmon. Kandungan omega-3 pada ikan bandeng berkisar 15 persen melebihi kandungan omega-3 pada ikan salmon (2,6 persen), ikan tuna (0,2 persen).

"Tadi ibu- ibu belum mengetahui tentang Omega-3 yang terkandung ikan yang terbanyak. Tadi saya tanyakan kebanyakan menjawab Salmon. Saya buktikan bandeng produk satu satunya di dunia di Indonesia 70 persen, kuda di Filipina dan ada di Taiwan. Bandeng itu punya Omega-3, 15 persen dibanding Tuna 0,2 persen dan Salmon hanya 2 persen. Ini berkali-kali lipat, sangat bagus untuk generaai anak-anak, pemuda maupun manula," ungkap Bambang Haryo disela blusukan di Pasar Pucang Surabaya, Selasa (5/7/2022).

Dalam kesempatan ini, di Pasar Pucang juga melakukam gerakan memberong ikan Bandeng dan diberikan kepada ibu-ibu Jumantik dan warga masyarakat yang berada di pasar.

"Ini saya borong semua, ikan bandengnya. Nanti berikan ke ibu-ibu ya," kata BHS kepada salah satu pedagang ikan.

Aksi borong ikan Bandeng yang dilakukan politisi Partai Gerindra ini membuat masyarakat mengucap syukur," Alhamdulillah diberi Bandeng sama Pak Bambang. Gak tau berapa kilo ini langsung dibagikan dalam kresek," ujar Ika Salah satu warga.

Ika yang juga kader Jumantik di Pucang Arjo Barat ini, baru tahu, jika Omega-3 ikan Bandeng sangat tinggi. Diakuinya apa yang disampaikan bisa menjadi wawasan bersama.

"Selama ini tidak tahu, ngertinya ikan Salmon. Ternyata ikan Bandengn Omega-3 nya tinggi. Kalau bandeng mudah di cari, dipasar juga banyak,"  terangnya.

Tidak hanya memborong ikan bandeng, Bambang Haryo juga membeli Brambang merah yang saat ini harganya merangkak naik," Brambang 3 kilo bu, nanti kasihkan ke warga juga ya," terang Bambang.

Dalam blusukan nya ke pasar Pucang, Bambang juga mendapat keluh kesah dari RT setempat. Menurut M Sodik, Ketua RT 05, Pucang Arjo Barat. Pasar Pucang saat ini terlihat kotor dan bau.

Menurutnya, pasar kumuh sehingga banyak pengunjung yang tidak betah. Belum lagi banyak lapak-lapak kosong yang dimanfaatkan segelintir orang menjadi tempat hunian.

"Banyak yang kotor, pengunjung tidak betah. Terus ada lapak yang digunakan untuk hunian. Saya bukan benci, ini hanya terkait keamanan dan ketertiban," paparnya.

Mendapatkan pengaduan dari warga, Bambang Haryo berjanji akan menyampaikan permasalahan ini kepada Pemerintah Kota Surabaya." Nanti saya sampaikan ke Pak Walikota atau Pak Armuji. Saya berteman baik. Kita terus suport program-program pemerintah. Mas Eri juga orangnya tanggap. Nanti kita sampaikan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar