Pabrik Minyak Kelapa di Mojokerto Terbakar

Petugas Pemadam kebakaran sedang memadamkan api. (FOTO/ISTIMEWA)

KBRN, Mojokerto: Kebakaran melanda sebuah pabrik minyak kelapa yang ada di Desa Perning, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, pada Senin (4/7/2022) siang.

Rio Febrian (18), warga setempat mengatakan, melihat kepulan asap hitam dari dalam PT Indo Oil Perkasa sekitar pukul 11.00 WIB. Tak lama kemudian sejumlah mobil pemadam kebakaran (PMK) datang kelokasi untuk memadamkan api

"Sekitar 7 mobil PMK dan 2 truk tangki air terlihat masuk kedalam pabrik untuk memadamkan api," kata Rio kepada wartawan dilokasi.

Dalam waktu yang singkat, diceritakan Rio, terlihat kepulan asap hitam membumbung tinggi. Anggota polisi dan TNI juga terlihat di lokasi kebakaran.

Sementara, petugas PMK Suyitno menuturkan, api membakar bagian produksi. Dugaan sementara, kebakaran dipicu dari proses memasak minyak kelapa yang menggunakan 2 tungku diduga terlalu panas.

"Ini tempat produksi minyak kelapa, ada dua tungku untuk memasak minyak. Perkiraan kami masak terlalu panas, akhirnya timbul api," terangnya.

Hingga pukul 13.25 WIB, api belum bisa dipadamkan. Menurut Suyitno, sudah ada 7 mobil PMK yang diterjunkan ke lokasi kebakaran. Sulitnya pemadaman terjadi karena bahan yang terbakar berupa minyak kelapa.

"Yang terbakar minyak, sehingga pemadaman harus menggunakan foam. Kalau pakai air api malah membesar," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar