Kenang Mendiang Tjahjo Kumolo, Gubernur Khofifah Sebut Sosok Pejuang Kesetaraan Perlakuan

Gubernur Khofifah bersama Tjahjo Kumolo (Dok. Instagram @Khofifah.ip)

KBRN, Surabaya : Gubernur Jawa Timur KHofifah Indar Parawansa atas nama pribadi maupun masyarakat Jawa Timur, turut menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tajhjo Kumolo. 

"Kami menyampaikan Innalilahi Wainnailaihi Rojiun, mudah mudahan seluruh amal ibadah beliau diterima oleh Allah, dan khilafnya diampuni oleh Allah dan mudah mudahan beliau dipanggil dalam keadaan Khusnul Khatimah," ujar Khofifah, Jumat (1/7/2022). 

"Dipanggil Jumat pagi dan itu InshaAllah menjadi penanda kebaikan kebaikan beliau yang sudah ditanam semasa beliau mengabdi di sangat banyak lini," imbuhnya.

Gubernur Khofifah bercerita, telah mengenal mendiang Tjahjo Kumolo ketika menjadi pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Kemudian ketika Gubernur Khofifah menjadi anggota DPR RI.

Keduanya juga kembali bekerja bersama, saat menjadi Menteri di Kabinet Jokowi yang pertama. Dimana saat itu Gubernur Khofifah menjadi Menteri Sosial, sedangkan Tjahjo Kumolo menjadi Menteri Dalam Negeri, yang kemudian kini menjadi Menpan RB.

"Kunjungan kunjungan beliau selalu, beliau kalau punya tugas lain, 'laksanakan udah ga usah nungguin saya'. Jadi artinya beliau satu egalitarianism bagi kami yang ada di daerah luar biasa," puji Khofifah.

Menurut orang nomer satu di Jatim ini, sosok Tjahjo Kumolo adalah seorang yang Demokrat sejati. Salah satu buktinya adalah memberikan proses kesetaraan perlakuan bagi masyarakat saat menjadi Mendagri.

"Yang beliau pesan waktu itu adalah unregistered people, jangan sampai ada masyarakat yang ga teregister, sehingga program program perlindungan sosial tidak bisa diakses. Jadi artinya hatinya beliau pada kesetaraan perlakuan masyarakat warga bangsa itu kuat sekali," imbuhnya.

"Mudah mudahan beliau menjadi bagian dari hamba hamba yang dipanggil Allah SWT dalam Keadaan Khusnul Khatimah. Dan bersama sama masuk Surganya Allah," doanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar