Tim Rukyat Kemenag Kab. Pasuruan Gunakan Theodolit Dan Autofotografi

Rukyat di BRIN Pasuruan.jpg

KBRN, Pasuruan : Tim Rukyatul hilal Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur dan Kab. Pasuruan dengan sejumlah peralatan, diantaranya 2 theodolit dan 2 auto fotografi untuk melakukan pengamatan hilal di kantor Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) Kab. Pasuruan, tepatnya halaman Lembaga Penerbangan Dan Antariksa (LAPAN) Gempol, Pasuruan.

"Theodolit kita operasikan secara manual untuk melihat ketinggian matahari dan bulan. Sementara Autofotografi, sistem kerjanya secara otomatis, begitu menangkap obyek akan mengikuti nya," ujar Mochammad Irjik, salah satu tim rukyatul hilal, Kemenag Kab. Pasuruan, Rabu (29/06/2022).

Menurutnya, penggunaan peralatan manual dan otomatis ini sengaja digunakan sebagai bagian dari usaha untuk memastikan pengamatan hilal berjalan secara maksimal.

"Tim rukyat hari ini ada 26 orang. Selain itu juga ada perwakilan dari ormas dan mahasiswa," pungkasnya.

Sementara itu Koordinator Teknis BRIN Kab. Pasuruan, Dian Yudha Risdianto, menambahkan, pelaksanaan Rukyatul hilal di kantornya merupakan bagian dari layanan publik.

"Acara seperti ini sudah rutin kita lakukan sejak tahun 2003. Tiap tahun, setidaknya ada tiga kali kegiatan Rukyatul hilal untuk penentuan awal Ramadhan, 1 Syawal dan awal bulan Dzulhijjah," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar