BPS Tuban Meresmikan Pojok Statistik di UNIROW Tuban

BPS Tuban Meresmikan Pojok Statistik di UNIROW Tuban (Foto | RRI Tuban).jpg

KBRN, Tuban : BPS Kabupaten Tuban telah melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban dan meresmikan layanan Pojok Statistik (Statistic Corner) di lingkungan kampus tersebut. Hadir dalam acara ini, Kepala BPS Kabupaten Tuban Eko Mardiana, SE, Wakil Rektor I Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Dr. Warli, M.Pd, dan perwakilan pejabat dari Kampus IAIN NU dan Universitas Sunan Bonang.  Selasa (28/06/2022)

Pojok Statistik merupakan layanan kolaboratif antara Badan Pusat Statistik dengan Perguruan Tinggi dengan tujuan untuk meningkatkan layanan dan promosi statistik, serta meningkatkan literasi statistik di lingkungan perguruan tinggi sebagai bagian dari Penguatan Sistem Statistik Nasional.

Pojok Statistik akan menjadi sebuah ruang bagi mahasiswa untuk berdiskusi, belajar, tanya jawab, dan mengenal statistik dengan lebih dekat. Kehadiran Pojok Statistik ibarat “miniatur BPS” di mana mahasiswa dapat mengakses semua data BPS baik melalui tulisan, website, publikasi, dan konsultasi langsung terkait produk-produk BPS tanpa harus berkunjung ke kantor BPS secara langsung.

Semua mahasiswa dari semua fakultas dan jurusan di kampus ini dapat menggunakan layanan pojok statistik ini. Guna memaksimalkan layanan pojok statistik, nantinya juga akan ditunjuk beberapa Agen Statistik baik dari internal BPS maupun dari civitas akademika. Sebelum memberikan layanan, setiap Agen Statistik akan terlebih dahulu mendapatkan bimbingan intensif dari  BPS Kabupaten Tuban sehingga memiliki kemampuan untuk menjelaskan dan melayani konsultasi statistik bagi para mahasiswa yang membutuhkan data. Sehingga diharapkan Layanan BPS Kabupaten Tuban akan menjadi semakin dekat dengan mahasiswa.

Dengan slogan “tempat asyik belajar statistik”, layanan Pojok Statistik ini memiliki tampilan yang telah terstandardisasi untuk semua perguruan tinggi di Indonesia. Desain Pojok Statistik dibuat eyechatching, nyaman dan tidak monoton sehingga mahasiswa akan lebih tertarik belajar tentang data dan memperdalam literasi statistik. Desain Pojok Statistik didominasi dengan warna khas BPS yaitu orange, biru dan hijau; dengan lokasiyang strategis di depan ruang kemahasiswaan sehingga dapat diakses oleh semua mahasiswa Unirow tanpa terkecuali.

Kehadiran Pojok Statistik diharapkan tidak hanya menjadi “sudut mati” yang kosong tanpa kegiatan. BPS Kabupaten Tuban akan terus memantau, memberikan arahan dan menyusun beberapa kegiatan diantaranya adalah konsultasi statistik yang meliputi tanya jawab interaktif seputar data, baik produk maupun indikator BPS, hingga penjelasan mengenai statistik dari tingkat dasar hingga advance. Kegiatan berikutnya adalah Promosi Statistik yang bertujuan mempopulerkan produk dari BPS. Promosi ini akan dilakukan dengan media langsung maupun melalui media sosial. Tidak ketinggalan adalah kegiatan Edukasi Statistik yang juga akan dilakukan secara rutin, minimal seminggu sekali sehingga mahasiswa mengetahui data dengan mendalam tidak hanya kulit luarnya saja. Dan beberapa kegiatan lain yang bisa mendukung peningkatan literasi statistik.

Ke depan, BPS Kabupaten Tuban berkomitmen akan terus mengembangkan layanan Pojok Statistik ini tidak hanya di lingkungan kampus Unirow ini saja, tapi juga dikembangkan ke beberapa perguruan tinggi lain yang ada di Kabupaten Tuban.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar