1.344 Jemaah Haji Asal Kota Surabaya, Siap Berangkat Ke Tanah Suci

KBRN, Surabaya : Setelah menunggu dua tahun karena pandemi, calon jemaah haji dari Indonesia akhirnya tahun ini dapat melaksanakan rukun islam kelima yaitu ibadah haji. Sesuai dengan regulasi yang telah di keluarkan oleh pemerintah Arab Saudi, tahun ini ada pembatasan jumlah jemaah haji karena menyesuaikan pandemi covid-19.

"Pada awal pemberangkatan ibadah haji usai situasi dan kondisi pandemi covid-19 melandai, Arab Saudi memberikan kuota satu juta orang untuk pemerintah Indonesia," ujar Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surabaya, Achmad Faisol Syaifullah, pada dialog interaktif dalam studio di RRI Surabaya, Rabu (25/04/2022).

"Dari jumlah itu, Jawa Timur mendapatkan kuota 100 ribu 51 jemaah. Sementara untuk Kota Surabaya, porsi kuotanya sebanyak 1344 jemaah," imbuhnya.

Kata dia, selain membatasi kuota jemaah yang berangkat ke tanah suci, pemerintah Arab Saudi juga mensyaratkan ketentuan lain bagi para tamu Allah yang menjalankan ibadah haji tahun ini.

"Diantaranya umur jemaah haji maksimal 65 tahun, sudah mendapatkan vaksin lengkap yang diakui oleh pihak Kementerian Kesehatan serta hasil PCR harus negatif 72 jam sebelum berangkat," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar