Epidemiolog Unair Anjurkan Pakai Masker di Luar Ruangan

Foto: Dr. Windhu Purnomo

KBRN, Surabaya : Epidemiolog dari Universitas Airlangga Unair Surabaya, Dr. Windhu Purnomo, mengharapkan meski pemerintah pusat memutuskan melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan, masyarakat tetap diwajibkan menggunakan masker di dalam ruangan dan transportasi umum dan dianjurkan menggunakan masker di luar ruangan.

"Cuman narasinya begini maksudnya, kalau saya. Jadi narasinya atau kalimatnya itu begini, masyarakat tetap diwajibkan menggunakan masker di dalam ruangan dan transportasi umum dan tetap dianjurkan ya tadi, dalam ruangan wajib masih menggunakan masker dan memang tetap wajib, sesuai dengan yang disampaikan. Tapi kalau di luar ruangan tetap kalimat seharusnya, tetap dianjurkan bukan lagi kewajiban," jelas Dr. Windhu Purnomo, Kamis (19/5/2022).

"Tetap masyarakat dianjurkan di luar ruangan menggunakan masker, tapi bukan kewajiban, kecuali di tempat-tempat yang begini-begini, misalkan tidak ada kerumunan, yang di dekatnya tidak ada orang sakit dan sebagainya," lanjutnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengemukakan keputusan tersebut diambil sejalan dengan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali dalam beberapa waktu terakhir.

Presiden Joko Widodo juga menekankan masyarakat yang masuk kategori rentan dan lanjut usia dan memiliki komorbid disarankan untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas baik di dalam atau luar ruangan.(OA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar