Survei ARCI, PKB Sidoarjo Tetap Kokoh di Puncak Klasemen

Hasil survei ARCI terkait pemilihan partai politik di Sidoarjo

KBRN, Sidoarjo : Elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kabupaten Sidoarjo kokoh menduduki peringkat pertama jelang pemilu 2024 mendatang. 

Elektabilitas PKB Sidoarjo yang saat ini dipimpin H. Subandi ini jauh meninggalkan Gerindra kemudian disusul di posisi kedua oleh PDIP. 

Hal itu terungkap saat Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas Partai Politik di Kabupaten Sidoarjo, Rabu (18/5).

Kepala Rumah Tangga Kantor DPC PKB Sidoarjo, H. Syihabuddin menyambut baik hasil survei yang dilakukan oleh lembaga independen tersebut. Ia mengatakan hasil itu menjadi acuan DPC PKB Sidoarjo untuk terus memperkuat konsolidasi partai dari semua lini.

"Alhamdulillah DPC PKB Sidoarjo masih tetap dengan trend positif dan kokoh di posisi pertama akan kita pertahankan. Namun hal itu tetap menjadi bahan evaluasi Partai agar perolehan suara dapat sesuai target yakni 40% pada pemilu periode depan," kata Sihab yang juga wakil Sekretaris DPC PKB Sidoarjo ini.

Selain perkuat konsolidasi internal partai, pria yang akrab disapa cak Sihab ini juga mengatakan PKB Sidoarjo tengah memperkuat jaringan di eksternal melalui komunitas dan kalangan muda. Target perolehan kursi dalam kontestasi pemilu 2024 juga telah dipasang.

Dirinya mengatakan target yang dipasang PKB Sidoarjo sendiri ialah 40% perolehan suara dengan 20 kursi di Legeslatif. 

"Target kita tetap ada saat ini di Legeslatif sudah 16 kursi akan kita tambahkan menjadi 20 kursi untuk target pemilu periode depan," tambahnya.

Ditanya soal kader PKB Sidoarjo yang akan bertarung di pemilu 2024. Ia mengatakan tak kesulitan dalam menentukan siapa yang akan dipasang karena banyak kader yang mumpuni dan siap bertarung dengan target yang ditentukan.

"Kita sudah koordinasi dan komunikasi dan insyaallah tidak ada kesulitan dalam menentukan siapa kader yang akan bertarung di pemilu 2024. Istilahnya kader kita banyak yang mumpuni dan bahkan lebih - lebih," ungkapnya.

Sebagai informasi, survei ARCI dilakukan pada awal Januari 2022 sampai akhir April 2022 terhadap 400 orang mewakili Kabupaten Sidoarjo. 

Data diambil melalui wawancara tatap muka terhadap responden yang dipilih secara multistage random sampling. Margin of error plus minus 0,5 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Hasil survei Responden saat ditanyai jika pemilu dilakukan pada saat ini siapa partai yang akan dipilih di Sidoarjo. Menempatkan PKB di posisi pertama dengan perolehan suara 20,5%. Disusul PDIP dengan perolehan suara 12,7%. Di posisi ketiga ada Gerindra dengan perolehan suara 11,9% dan di posisi keempat Golkar dengan 10,6% suara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar