Pemprov Jatim Raih Dua Penghargaan dari Arsip Nasional RI

Acara penyerahan pengjargaan Arsip Nasional RI (Dok. Ist)

KBRN, Pekanbaru : Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mendapatkan dua penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI Tjahjo Kumolo. 

Sedianya Gubernur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan tersebut secara langsung, namun adanya gangguan pesawat, sehingga tidak bisa hadir. Dan diwakili oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jatim Tiat S. Suwardi. 

Seusai rangkaian kegiatan Anugerah Kearsipan dan Puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-51 Tahun 2022 di Hotel Pangeran Pekanbaru, Riau, Rabu (18/5/2022), Tiat menjelaskan, Jatim mendapat penghargaan Simpul Jaringan Terbaik dan Pengawasan Kearsipan. 

"Dua penghargaan yang diterima Pemprov Jatim yaitu Penghargaan Peringkat ketiga nasional Simpul Jaringan Terbaik Nasional (SJTN) Tahun 2022 dan Penghargaan Peringkat keempat Nilai Terbaik Pengawasan Kearsipan Tahun 2021 kategori Pemerintah Daerah Provinsi," ujarnya. 

Tiat mengungkapkan, untuk sistem informasi kearsipan nasional (SIKN), itu merupakan satu sistem informasi kearsipan yang dibangun oleh arsip nasional sebagai amanat dari undang-undang 43 tahun 2009. 

"Aplikasi sistem informasi kearsipan nasional ini di desain oleh arsip nasional berstandar internasional," kata Tiat. 

Sebelumnya, sebanyak 24 instansi telah mengikuti proses penilaian Simpul Jaringan Terbaik Nasional tahun 2022 yang terdiri dari empat tahapan, yang terdiri dari registrasi, pengisian self assesment, wawancara, dan hasil akhir penilaian. 

Simpul jaringan yang berhak mengikuti penilaian ini diharuskan memiliki kriteria, sekurang-kurangnya memperoleh nilai hasil pengawasan kearsipan minimal kategori B (Baik) pada 2 (dua) tahun terakhir dan menjadi simpul jaringan minimal 1 (satu) tahun terakhir. Adapun bobot penilaian terdiri dari 70% pada pengisisian self assessment dan 30% wawancara. 

Jumlah lembaga kearsipan dan pencipta arsip yang telah menjadi simpul jaringan s.d tahun 2022 dengan total 340 anggota simpul jaringan dengan rincian, yaitu: Kementerian/Lembaga: 38, Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi: 29, Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten: 184, Lembaga Kearsipan Daerah Kota: 66, Perguruan Tinggi Negeri: 21, BUMN: 2.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar