Pokdarwis Tebel Sidoarjo Manfaatkan Sempadan Sungai jadi Perpustakaan

Proses pembuatan perpustakaan di sempadan sungai oleh Pokdarwis Tebel, Gedangan, Sidoarjo.

KBRN, Sidoarjo : Semangat warga dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tebel, Kecamatan Gedangan tak kenal lelah, terbukti warga dan Pokdarwis Desa Tebel bakal membangun sejumlah gazebo untuk dijadikan perpustakaan di sekitar sungai.

Pembangunan itu merupakan salah satu program untuk menggiatkan budaya literasi di desanya. Ketua Pokdarwis Desa Tebel Jumatim Nur Komariah mengatakan, program itu diberi nama sinau pinggir kali. 

"Pembangunannya memanfaatkan lahan yang berada di sekitar area sungai bendo yang bersih dan bertematik," kata perempuan yang akrab disapa Maria, Selasa (25/1).

Menurutnya, hal itu penting untuk membudayakan gemar membaca pada anak. Terlebih dalam usia anak tumbuh kembang. Budaya gemar membaca dapat membantu anak memiliki wawasan yang luas. 

"Saat ini, sudah berdiri satu gazebo yang difungsikan sebagai perpustakaan ini. Kami ingin menghidupkan budaya literasi yang masif kepada seluruh warga dan anak-anak di sini sekaligus melihat pemandangan sungai yang bersih dan asri," kata Maria. 

Maria menambahkan, Pokdarwis Desa Tebel saat ini juga tengah memproses pembangunan gazebo dengan kosep perpustakaan jilid dua. Harapannya ke depan, gazebo-gazebo perpustakaan mini itu bisa bermanfaat dan menghidupkan budaya gemar membaca di desanya. 

"Anggarannya kebetulan kemarin kami berhasil mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui program Sidoresik. Alhamdulillah bisa dibuat pembangunan gazebo yang kedua ini. Ke depan, kami akan memperbanyak lagi spot-spot membaca semacam ini di desa kami," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar